MANAJEMEN PENGELOLAAN MADRASAH DINIYAH DI MADRASAH DINIYAH NURUL JADID DESA PAGARBATU KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP

Hamzah, Hamzah (2023) MANAJEMEN PENGELOLAAN MADRASAH DINIYAH DI MADRASAH DINIYAH NURUL JADID DESA PAGARBATU KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP. Masters thesis, Institut pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Madrasah diniyah termasuk pendidikan agama Islam yang berkembang cukup lama di Indonesia. Pedidikan diniyah menjadi salah satu sarana penguatan dan pengembangan wawasan keagamaan di kalangan Islam di seluruh nusantara yang dikelola secara mandiri dengan prinsip swadaya masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan Islam informasl, keberadaan pendidikan diniyah tetap dikelola dengan konsep manajemen pendidikan yang ada, sebagaimana pengelolaan manajemen pendidikan formal, seperti manajemen pengelolaan yang terjadi pada Madrasah Diniyah Nurul Jadid Desa Pagarbatu Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Lembaga ini telah menjelma menjadi salah satu tempat dalam mencerdaskan peseta didik dalam bidang ilmu keagamaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara dengan dokumentasi. Sedangkan, analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis kualitatif ala Miles dan Huberman, yang dilakukan dengan beberapa langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat beberapa point yang menjadi kesimpulan penting. Pertama, manajemen pengelolaan madrasah diniyah Nurul Jadidi di Desa Pagarbatu telah dilakukan dengan dengan konsep pengelolaan yang baik. Manejemen pengelolaan pendidikan yang dilakukan, telah dilakukan dengan standar manajemen pengelolaan pendidikan diniyah sebagaimana mestinya, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, kontrol maupun evaluasi yang dilakukan. Kedua, bentuk pengelolaan yang dilakukan cukup variatif sesuai dengan kebutuhan pada lembaga diniyah Nurul Jadid, yang ditekankan pada spirit memaksimalka potensi yang ada, karena secara finansial, lembaga ini sangat terbatas. Ketiga, terdapat hambatan yang terjadi dalam proses pengelolaan madrasa diniyah Nurul Jadid, baik di sisi SDM guru maupun pengelola, pendanaan maupun sarana dan prasana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengelolaan, Madrasah Diniyah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:36
Last Modified: 25 Jul 2025 07:36
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item