Ismaidar, Ismaidar (2023) Peran Guru Pai Dalam Gerakan Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Dan 11 Kota Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (70kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (179kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS ISMAIDAR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya literasi baca dan tulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan 11 di kota Banda Aceh, perlu mendapatkan perhatian. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca tulis siswa, salah satunya yaitu kurangnya refensi atau minimnya buku bacaan baik fiksi maupun non fiksi yang ada di perpustakaan serta banyaknya buku yang sudah usang tahun penerbitannya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam gerakan literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan 11 di kota Banda Aceh. (2)Untuk mengetahui implikasi gerakan literasi pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan 11 di kota Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan 11 Kota Banda Aceh. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, wali kelas v & iv, guru pendidikan agama islam dan peserta didik. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru PAI dalam gerakan literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan 11 di kota Banda Aceh terdiri dari Peran guru sebagai pendidik, Peran guru sebagai pengajar, Peran guru sebagai inisiator, Peran guru sebagai inspirator, Peran guru sebagai motivator, Peran guru sebagai fasilitator, Peran guru sebagai pengelola kelas, Peran guru sebagai mediator, Peran guru sebagai evaluator. (2) implikasi gerakan literasi pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan 11 di kota Banda Aceh dilakukan beberapa tahapan, yaitu: Tahap Pembiasaan, Tahap Pengembangan, Tahap Pembelajaran. Pertama, Tahap Pembiasaan: Diadakannya kunjungan ke perpustakaan Madrasah dan Pembiasaan morning reading atau membaca tiap pagi yang biasanya dilakukan selama lima belas atau dua puluh menit sebelum jam pelajaran dimulai. Kedua, Tahap pengembangan; Pembangunan fisik Madrasah yang kaya akan literasi yaitu pengadaan pelatihan menulis guru dan siswa dan Pengadaan Tambahan Koleksi Buku Cerita. Ketiga, Tahap Pembelajaran; Pembelajaran di dalam kelas, Keberadaan pajangan dan mading di kelas. Dan Pembelajaran di luar kelas atau outdoor Study diantaranya adalah pembelajaran di perpustakaan Madrasah, perpustakaan keliling dan di luar lingkungan Madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Gerakan Literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |