Penerapan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Tik Di Mts Al-Amin Tabanan

Muhammad, Dzul Aidi (2023) Penerapan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Tik Di Mts Al-Amin Tabanan. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS M DZUL AIDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penerapan model pembelajaran berbasis TIK. Dengan alat dan model ini, Madrasah dapat dengan mudah memantau dan mengevaluasi proses pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian dan Pengembangan. Tempat penelitian di MTs Al-Amin Tabanan, dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Kegiatan penelitian dan pengembangan di MTs AL-Amin Tabanan menyoroti keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dalam manajemen pembelajaran berbasis TIK. Tantangan tetap ada dalam perencanaan dan penerapan pembelajaran berbasis TIK yang efektif. Model yang diusulkan mencakup tahap pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan menekankan kolaborasi antara pendidik dan pihak terkait untuk meningkatkan manajemen melalui rencana pelajaran terpadu dan pengawasan berkelanjutan. Rekomendasi untuk implementasi yang efektif meliputi peningkatan komunikasi, pembentukan tim TI, pendanaan infrastruktur, dan potensi adaptasi bagi lembaga pendidikan lainnya.

Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan teknik triangulasi untuk menguji validasi data. Hasil penelitian adalah: Langkah pertama Pengambilan Keputusan Pembelajaran Berbasis TIK, Langkah kedua Perencanaan Pembelajaran Berbasis TIK, Langkah Ketiga Penerapan Pembelajaran Berbasis TIK, Langkah Keempat Evaluasi Pembelajaran Berbasis TIK Sedang belajar.
Faktor kunci keberhasilan model ini ada pada langkah kedua yaitu bagaimana guru membuat RPP dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait dengan pengelolaan pembelajaran berbasis TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Manajamen, Model Pembelajaran,TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:19
Last Modified: 23 Jul 2025 03:19
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item View Item