Ahmad, Munawar (2023) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di Smkn 3 Sukatani Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (334kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (279kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (101kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (197kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS AHMAD MUNAWAR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang materi pembelajaran agama Islam yang masih dianggap terlalu minim dan tidak memadai, memaksa guru untuk berhati-hati dalam memilih konten, teknik, dan praktik keagamaan sehingga guru PAI di haruskan menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pembelajaran Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Sukatani- Purwakarta dan untuk mengetahui hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Sukatani- Purwakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Sukatani. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru PAI dan siswa. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Strategi guru PAI di SMKN 3 Sukatani dalam meningkatkan pembelajaran adalah dengan menggunakan dua strategi yaitu strategi discovery learning melalui pendekatan saintifik dan straetegi Problem based learning. Model pembelajaran Problem Based Learnng dan Discovery Learning mempunyai persamaan yaitu proses pembelajarannya lebih difokuskan pada siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah, yang membedakan hanya langkah -langkah nya saja.(2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan pada saat evaluasi pembelajaran, sebagai contoh nya ialah pada saat materi pembelajaran pengurusan jenazah. Penliaian pembealajaran pengurusan jenazah ini dibagi menjadi 2 aspek yakni aspek kognitif dan aspek afektif, aspek kognitip yaitu penilaian pemahaman siswa terhadap teori pengurusan jenazah sedangkan aspek afektif ialah tentang pemahaman siswa dalam mempraktekan pengurusan jenazah sesuai syari’at Islam. Dengan evalasi tersebut di temukan fakta bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan strategi discovery dan problem based learning ini dianggap cukup baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran, Guru PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 08:23 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 08:23 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |