Manajemen Strategi Membangun Motivasi Intrinsik untuk Meningkatkan Karakter dan Budaya Positif pada Siswa di SD Plus 3 Al Muhajirin.

Nina, Maryanih (2023) Manajemen Strategi Membangun Motivasi Intrinsik untuk Meningkatkan Karakter dan Budaya Positif pada Siswa di SD Plus 3 Al Muhajirin. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS NINA MARYANIH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya motivasi intrinsik pada siswa dalam melakukan hal-hal positif menjadi hal yang perlu diperhatikan di manajemen sekolah. Guru terbiasa memberikan reward/hadiah kepada siswa dalam membentuk pembiasaan positif, sehingga siswa mau melakukan kewajiban mereka jika adanya hadiah yang diberikan. strategi yang tepat dengan memilih model yang tepat pula dan disukai siswa. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah: (1) Untuk menganalisis Manajemen Strategi Membangun Motivasi Intrinsik di SD Plus 3 Al Muhajirin. (2) Untuk menganalisis dampak Manajemen Strategi Membangun Motivasi Intrinsik untuk Meningkatkan Karakter dan Budaya Positif pada Siswa SD Plus 3 Al Muhajirin.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa: wawancara, observasi, skala sikap dan studi dokumentasi. Tehknik analisis yang dignakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi tehknik dan sumber.

Hasil Penelitian yaitu: meningkatnya karakter dan budaya positif siswa yang berasal dari motivasi intrinsik dan peran serta guru, siswa, orang tua dan seluruh warga sekolah, hal ini dapat dilihat dari persentase yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Guru sebagai pengembang dan pelaksana diharapkan memiliki kemampuan mengelola, dan menjadi role model bagi siswa agar terus tercipta akhlak-akhlak mulia dan disiplin positif pada putra putri kita, sehingga melalui proses belajar yang sedang mereka jalani terus mencapai kebahagiaan setinggi tingginya sesuai tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teori segitiga restitusi dan keyakinan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Jul 2025 09:01
Last Modified: 19 Jul 2025 09:01
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4063

Actions (login required)

View Item View Item