SURYA, PRATAMA (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMBERIAN REWARD and PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA 3 POKOK BAHASAN MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA DI MIN 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1.pdf - Published Version Download (490kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2.pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
3.pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu peran seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu melakukan usaha-usaha yang dapat memberikan motivasi untuk mendorang peserta didik untuk belajar secara sungguh-sungguh. Salah satu cara memberikan motivasi terhadap peserta didik dengan memberikan penghargaan (reward) maupun hukuman (punishment). Dengan pendekatan pembelajaran reward and punishment pada pembelajaran tematik maka diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah di dalam proses pembelajaran di kelas.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah Bagaimana penerapan pemberian reward and punishment terhadap hasil belajar siswa kelas V pelajaran tematik tema 9 subt ema 3 pokok bahasan manusia dan benda di lingkungannya di MIN 1 Mojokerto dan Bagaimana pengaruh pemberian reward and punishment terhadap hasil belajar siswa kelas V pelajaran tematik tema 9 subtema 3 pokok bahasan manusia dan benda di lingkungannya di MIN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan eksperimen (eksperimen semu), yaitu eksperimen yang mengendalikan terhadap variabel non-eksperimental tidak begitu ketat, dan penentuan sampelnya tidak menggunakan randomasi, yaitu one group pretes posttest desingn. bertujuan untuk mengetahui penerapan pemberian reward and punishment dan pengaruh pemberian reward and punishment.
Pemberian reward and punishment ini dilakukan apabila siswa berhasil menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan akan mendapat pujian dan hadiah. Sedangkan siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat hukuman. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh pemberian reward and punishment mempunyai nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 , dan T tabel = 2,131 < T hitung= 9,392, maka ( ) ditolak dan ( ) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan pemberian reward and punishment terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward and Punishment, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 07:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 07:18 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/406 |
Actions (login required)
View Item |