Arip, Mulyana (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA NU DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMKN JATILUHUR PURWAKARTA. Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover & Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (122kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (197kB) |
![]() |
Text (Tesis Fulltext)
TESIS ARIP MULYANA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Remaja dipengaruhi oleh berbagai ideologi radikal saat ini. Di Indonesia,
radikalisme kini merambah ke sejumlah demografi penting, termasuk sekolah.
Internalisasi nilai-nilai yang dianut masyarakat Nahdlatul Ulama yaitu Aswaja An
Nahdiyah yang meliputi 4 nilai Aswaja NU yaitu tawassuth (moderat), tawazun
(seimbang), tasamuh (toleran), dan i'tidal, adalah salah satu gerakan nyata yang
dilakukan organisasi untuk memerangi paham radikalis (adil) ini. Penelitian ini
mendeskripsikan dan menganalisis tentang penanaman nilai-nilai pendidikan
Aswaja melalui program kegiatan keagamaan di SMKN Jatiluhur dengan fokus
penelitian, yaitu apa konsep internalisasi nilai-nilai Aswaja NU kedalam kegiatan
keagamaan di SMKN Jatiluhur Purwakarta dan bagaimana proses internalisasi
nilai-nilai Aswaja NU kedalam kegiatan keagamaan di SMKN Jatiluhur
Purwakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) konsep internalisasi nilai
Aswaja NU di SMKN Jatiluhur didasarkan pada nilai tawasuth (moderat), i’tidal
(adil), tawazun (seimbang) dan tasamuh (toleransi). (2) proses internalisasi nilai
pendidikan Aswaja ini melalui tiga tahap, yakni: (a) Aswaja knowing, didalamnya
ada proses pemahaman melalui kegiatan keagamaan yassin & tahlil, (b) Aswaja
feeling, di dalamnya terdapat pembiasaan peserta didik untuk melakukan nilai-nilai
pendidikan aswaja di sekolah, (c) Aswaja Action, didalamnya adanya
pengimplementasian pembiasaan nilai-nilai aswaja di sekolah maupun di luar
sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai-Nilai Aswaja NU, Kegiatan Keagamaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 08:56 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 08:56 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |