MENAJEMEN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MU’ADALAH (Studi Kasus Pada Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen)

ZARKASYI, ZARKASYI (2023) MENAJEMEN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MU’ADALAH (Studi Kasus Pada Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen). Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS ZARKASYI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini lahir dari munculnya modernisasi Pendidikan
Pesantren, satu diantaranya adalah penyelenggaraan Satuan Pendidikan Formal
pada Lembaga Pendidikan Tradisional. Salah satu Satuan Pendidikan Formal yang
diselenggarakan Pesantren adalah Satuan Pendidikan Mu’adalah, baik wustha
maupun ulya. Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya memiliki kurikulum sendiri yang
dipadu dengan kekhasan Pesantren. Di Aceh, salah satu Pesantren yang
menyelenggarakan Satuan Pendidikan Mu’adalah adalah Dayah MUDI Mesjid
Raya Samalanga yang sudah mendapat izin penyelenggaraan sejak tahun 2011.
Tujuan penelitian untuk menganalisi menajemen kurikulum Satuan Pendidikan
Mu’adalah Ulya yang diselenggarakan oleh Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga,
baik penerapannya maupun evaluasi.
Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek
penelitian ini Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan
Dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala Satuan Pendidikan
Mu’adalah Ulya, bidang kurikulum Dayah MUDI Mesjid Raya Samalang, Guru
yang mengajar pada Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya dan santri. Tekhnik
analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji
keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Meskipun Lembaga Pendidikan
Tradisional, Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya MUDI Mesjid Raya Samalanga
telah dapat menerapkan menajemen Kurikulum Satuan Pendidikan Mu’adalah
sesuai dengan regulasi yang berlaku. (2) Salah satu landasan memperkuat bangunan
kurikulum adalah landasan manajerial, ini telah dijalankan dengan baik oleh Kepala
Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya MUDI Mesjid Raya Samalanga. (3) Salah sau
cara menjaga kualitas pelaksanaan kurikulum Satuan Pendidikan Mu’adalah adalah
dengan proses rekrutmen Guru yang ketat dan selektif. (4) Evaluasi kurikulum
Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya MUDI Mesjid Raya Samalanga telah dilakukan
dengan bentuk penilaian formatif dan sumatif yang mencakup proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru dan diikuti oleh Santri. Bedanya, eveluasi sumatif yang
dilakukan oleh Satuan Pendidikan MUDI Mesjid Raya tidak hanya menguji santri dan
guru saja, tetapi juga menguji komponen pendukungnya, yaitu kurikulum dan tenaga
kependidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menajemen, Kurikulum, Mu’adalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 07 Jul 2025 09:19
Last Modified: 07 Jul 2025 09:19
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item