STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA SISWA BROKEN HOME DI MTS NU ASSALAFIE BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

Agus, Kusaeri (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA SISWA BROKEN HOME DI MTS NU ASSALAFIE BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS AGUS KUSAERI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aqidah Akhlak meliputi ajaran atau nilai-nilai dan syari'ah, dimana santri
biasanya perlu menguasai segala sesuatunya dan mampu menerapkannya dengan baik
dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memahami hal tersebut, seorang guru harus
memiliki strategi yang memotivasi siswa untuk belajar, karena strategi merupakan
bagian yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam
meningkatkan motivasi belajar bidang studi akidah akhlak pada siswa broken home di
MTs NU Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon, mendeskripsikan faktor-faktor
keberhasilan strategi guru Akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar akidah
akhlak pada siswa broken home di MTs NU Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon,
mendeskripsikan dampak strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi
belajar akidah akhlak pada siswa broken home di MTs NU Assalafie Babakan
Ciwaringin Cirebon,
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus
(case study). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk teknik analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data,
Reduksi data, display data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru
dalam
meningkatkan akidah akhlak siswa broken home diimplementasikan dengan cara: a)
pendekatan desain, b) metode pengajaran: Pembiasaan, Teladan, Kerjasama, Tutor
yang sama; (2) Faktor keberhasilan strategi akhlak aqidah guru dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa patah semangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: faktor
internal dan faktor eksternal: (3) Pengaruh strategi guru terhadap peningkatan
pembelajaran akhlak aqidah Dalam keluarga broken home motivasi siswa dicirikan
oleh: siswa rajin mengerjakan tugas, siswa gigih ketika menghadapi kesulitan, belajar
didorong, perhatian diberikan pada tugas yang diberikan dan keinginan untuk berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Akidah Akhlak, Motivasi Belajar, Broken Home
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 07 Jul 2025 09:18
Last Modified: 07 Jul 2025 09:18
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item