Sayyidah, Nur Faizah (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI RELIGIUS DI MI DARUT TARBIYAH LEMINGGIR MOJOSARI. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (263kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (293kB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (41kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (207kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
TF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi pendidikan karakter karakter berbasis nilai religius di MI Darut Tarbiyah Leminggir Mojosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, deskriptif analisis yang mana setelah mendeskripsikan suatu objek (mengamati), kemudian menganisis menggunakan suatu prespektif teori. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi. Teori fenomenologi ada karena proses berfikir terbentuk dari pada proses realitas sosial. Menurut Haidigir Teori Fenomenologi adalah suatu faham filsafat yang kebenarannya di ambil dari proses mengamati realitas (objek) secara apa adanya, kemudian dilakukan interpretatif sebagai analisis suatu objek.
Objek penelitian ini dilaksanakan di MI Darut Tarbiyah Leminggir Mojosari. Teknik pengumpulan data menggunakan: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi: kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: pengumpulan data, reduksi data,serta penarikan sebuah kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa perencanaan pendidikan karakter berbasis nilai religius di MI Darut Tarbiyah Leminggir Mojosari adalah melalui visi dan missi sekolah, managemen kegiatan, serta sosialisasi tentang pendidikan karakter berbasi nilai religius. Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai religius dilaksanakan melalui kegiatan didalam kelas, dalam budaya sekolah dan dalam masyarakat. Pendidikan karakter dalam kelas dilaksanakan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada seluruh mata pelajaran. Pendidikan karakter dalam budaya sekolah dilaksanakan melalui kegiatan rutin, keteladanan guru dan pengkondisian sekolah. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan di MI Darut Tarbiyah Leminggir Mojosari mencakup nilai-nilai utama karakter bangsa yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni religius (keimanan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, toleransi dan cinta lingkungan), nasionalis; mandiri (disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan kreatif); gotong royong (kerjasama dan solidaritas), dan integritas (jujur dan santun). Keefektifan dan implementasi karakter yang diterapkan di MI Darut Tarbiyah diuji selama implementasi program PPK(Penguatan Pendidikan Karakter). Dengan kepemimpinan yang efektif, siswa mengembangkan lnilai-nilai lkarakter lseperti lreligius, ltoleransi, lpeduli llingkungan, lcinta ltanah lair, lsemangat lkebangsaan, ldisiplin, lkerja lkeras, ltanggung ljawab, kreativitas, kerja sama, lsolidaritas, kejujuran ldan lcinta lkebenaran. lNilai-nilai ltersebut dapat di simpulkan kembali menjadi lnilai-nilai linti yakni lReligius, lmandiri, lgotong lroyong ldan jujur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Managemen Pendidikan, Karakter, Nilai Religius |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:33 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |