METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEREDUKSI EMOSI MARAH ANAK ANGER TANTRUM USIA 4-5 TAHUN DI RA. FATMA KEC. GONDANG KAB. MOJOKERTO

Fadlilah, Fadlilah (2023) METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEREDUKSI EMOSI MARAH ANAK ANGER TANTRUM USIA 4-5 TAHUN DI RA. FATMA KEC. GONDANG KAB. MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (581kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi fadlilah FIXX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah salah satu kunci dari keberhasilan suatu proses pembelajaran. Metode pembelajaran juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi anak. Metode pembelajaran yang baik adalah metode pembelajaran yang menjadikan anak sebagai pusat dari pembelajaran sedangkan guru hanya menjadi fasilitator. Salah satu metode pembelajaran yang berpusat pada anak adalah metode pembelajaran berbasis proyek. Metode pembelajaran berbasis proyek adalah metode pembelajaran yang menggunkan proyek atau kegiatan sebagai media. Peserta didik akan dituntut lebih aktif dan pembelajaran akan terasa sangat menyenangkan dengan proyek atau kegiatan yang dilakukan. Metode pembelajaran berbasis proyek mempunyai banyak sekali manfaat yang akan didapat anak diantaranya adalah kemandiri, keberanian, tanggung jawab, pengetahuan, dan lain sebagainya.
Sedangkana anger tantrum adalah luapan atau suatu ledakan emosi yang sangat kuat sekali, disertai dengan rasa marah, serangan agresif, menangis, menjerit, memukul atau menghentakkan kaki atau tubuhnya ke lantai. Dengan metode pembelajaran berbasis proyek anak dalam kategori anger tantrum diharapkan akan lebih tertarik dalam belajar. Emosi marah yang sering diperlihatkan saat belajar akan dialihkan dengan suatu proyek kegiatan yang menyenangkan. Lebih banyak mengkomunikasikan rasa ingin tahunya dan tanggung jawab dalam menyelesaikan proyek kegiatan akan memberikan dampak yang baik dalam mereduksi emosinya.
Dalam hal ini peneliti ingin menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek untuk mereduksi emosi marah anak anger tantrum usia 4-5 tahun di RA. Fatma Ds. Pugeran Kec. Gondang Kab. Mojokerto. Dengan tujuan dan rumusan masalah: 1) Apasaja penyebab perilaku anger tantrum pada anak dengan inisial “A” yang ditunjukkan di RA. Fatma Ds. Pugeran Kec. Gondang Kab. Mojokerto. 2) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis proyek diimplementasikan di RA. Fatma Ds. Pugeran Kec. Gondang Kab. Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dimana hasil pengumpulan data dan analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dapat digunakan untuk mereduksi emosi marah anak anger tantrum usia 4-5 tahun di RA. Fatma selain itu diharapkan bisa menumbuhkan semangat dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning Method, Anger Tantrum.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 28 Jun 2025 06:40
Last Modified: 28 Jun 2025 06:40
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item