Nurfajri, nurfajri (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS PADA SISWA (MIN 11 BANDA ACEH). Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (349kB) |
![]() |
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (296kB) |
![]() |
Text (PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version Download (229kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (254kB) |
![]() |
Text (FULL TESIS)
Tesis Nurfajri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia, pendidikan kurang lengkap apabila hanya mencetak lulusan yang hanya memiliki kecerdasan intelektual saja tanpa diimbangi dengan jiwa dan sikap yang seharusnya dimiliki oleh siswa sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Banyak sekali masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, masalah mendasar yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan agama Islam di sekolah adalah hasil dari pelaksanaan pendidikan agama Islam kurang optimal. Pendidikan Agama Islam seharusnya optimal dalam menyentuh aspek afektif siswa. Kenyataan menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Indonesia belum berhasil mendidik para pemuda pemudi dengan pendidikan islam yang sesuai dengan apa yang diharapkan.
Berdasarkan dokumentasi dan pengamatan di lokasi yang akan dijadikan penelitian terdapat hal-hal yang menjadikan permasalahan hususnya bagi guru PAI yaitu masih adanya beberapa siswa yang melanggar peraturan, membolos dan berbicara lantang di dekat guru bahkan beberapa nama siswa yang berurusan dengan guru bimbingan konseling. Sebagai upaya dalam mencari solusi untuk memperbaiki dan dapat menanggulanginya maka MIN 11 Kota Banda Aceh mempunyai cara yaitu melalui penanaman budaya Religius. Kedua sekolah ini sama-sama sekolah umum namun juga sekolah ingin menjadikan anak didiknya selain pintar dalam pengetahuan umum juga ingin anak didiknya menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Rumusan masalah dalam tesis ini ialah: (a) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan budaya religius pada siswa di MIN 11 Banda Aceh? (b) Apa faktor penghambat strategi dari guru Pendidikan Agama Islam terhadap penanaman budaya religius pada siswa MIN 11 Banda Aceh. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multisitus, lokasi penelitian di MIN 11 Kota Banda Aceh sumber data penelitian terdiri dari informan, peristiwa, lokasi dan dokumen. Tehnik pengumpulan data dengan observasi patisipan, interview mendalam dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dilapangan, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam menumbuhkan Nilai kejujuran siswa di MIN 11 Kota Banda Aceh konsisten dalam memberi contoh atau panutan dan teladan pada siswa dalam berkata maupun bersikap dan berprilaku yang sesuai ajaran Islam (2) Strategi Guru PAI dalam menumbuhkan Nilai rendah hati siswa MIN 11 Banda Aceh konsisten dalam mengamalkan budaya 5S yaitu: Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun baik terhadap Orang tua, Guru, orang lain(tamu) juga teman . (3) Strategi Guru PAI dalam menumbuhkan sikap disiplin siswa di MIN 11 Banda Aceh konsisten dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah, shalat dhuha, mengaji, pelaksanaan upacara bendera setiap senin, masuk kelas tepat waktu, disiplin dalam berpakaian dengan atribut lengkap sesuai ketentuan, demikian juga disiplin pada guru yang menjadi contoh taulan pada siswa MIN 11 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru PAI dan Budaya Religius |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 05:01 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 05:01 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |