Ahmad, Jauzi (2023) Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di MTs Singogalih. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version Download (349kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (366kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (202kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full)
SKRIPSI AHMAD JAUZI FIKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis implementasi ekstrakurikuler keagamaan sebagai upaya dalam pembentukan karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs Singogalih). Karakter religius menjadi aspek penting dalam pendidikan untuk membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman dan komitmen kuat terhadap nilai-nilai agama. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler keagamaan memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan karakter religius siswa. Kegiatan ekstrakurikuler seperti kajian agama, pengajian, dan diskusi keagamaan memberikan ruang bagi siswa untuk memahami nilai-nilai spiritual, etika, dan moral yang dijunjung tinggi dalam agama mereka. Guru sebagai fasilitator dalam ekstrakurikuler ini memiliki peran sentral dalam membimbing siswa untuk menginternalisasi ajaran agama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, ditemukan bahwa implementasi ekstrakurikuler keagamaan juga menghadapi beberapa tantangan. Beberapa di antaranya adalah kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, keterbatasan waktu yang dihabiskan untuk ekstrakurikuler akibat beban akademis, serta perlunya pendekatan yang kreatif dan inovatif agar pesan-pesan agama dapat lebih menarik bagi siswa yang tengah menghadapi pengaruh budaya populer. Dalam kesimpulan, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya implementasi ekstrakurikuler keagamaan sebagai salah satu strategi pendidikan karakter religius di MTs Singogalih. Upaya ini tidak hanya membantu siswa memahami agama secara lebih mendalam, tetapi juga membantu mereka mengembangkan sikap toleransi, empati, dan integritas dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah terus mengembangkan dan memperkuat program ekstrakurikuler keagamaan dengan memperhatikan tantangan yang ada untuk mencapai tujuan pembentukan karakter religius siswa yang holistik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Ekstrakurikuler Keagamaan, Pembentukan Karakter Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI UKHAC |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 09:14 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 09:14 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |