STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA SMPU BP AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Warida, Waridatul Husnawiyah Ruqoyah (2020) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA SMPU BP AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (695kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan cara umat islam untuk menjaga kemurnian al-Qur’an, agar peserta didik lebih mudah dalam menghafal al-Qur’an maka guru harus mempunyai strategi-strategi khusus agar mampu meningkatkan minat, kuantitas, dan kualitas anak dalam menghafal al-Qur’an. Di SMPU BP Amanatul Ummah ini memiliki program unggulan menghafal al-Qur’an minimal 9 juz, sehingga diharapkan strategi guru tahfidz dalam menghafal al-Qur’an ini bisa menjadi lebih baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian, antara lain: Pertama, Bagaimana strategi guru tahfidz dalam menghafal al-Qur’an siswa SMPU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto? Kedua, Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menghafal al-Qur’an siswa SMPU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto?
Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informasi didapatkan melalui tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, Pertama, Strategi guru tahfidz dalam menghafal al-Qur’an siswa SMPU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto adalah sebagai berikut: a) Menumbuhkan dan mengembangkan bakat peserta didik dalam menghafal al-Qur’an b) Membentuk tim guru tahfidz dengan menyandang gelar hafidz hafidzah. c) Memperbaiki dan menyempurnakan manajemen tahfidz al-Qur’an d) Menyempurnakan mekanisme dan metode e) Adanya wisuda bagi yang memenuhi target minimal 9 juz dan f) Evaluasi. Kedua. Faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal al-Qur’an di SMPU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Untuk faktor pendukungnya yaitu: 1) Adanya kesadaran diri dari peserta didik. 2) Ketekunan dan kecerdasan dari peserta didik dalam menghafal al-Qur’an 3) Adanya dorongan dan motivasi dari keluarga, orang tua dan kerabat. 4) Memilih waktu yang tepat dalam menghafal al-Qur’an. 5) Berada di bawah naungan pondok pesantren Amanatul Ummah. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu: 1) Kurangnya motivasi dan perhatian dari keluarga, orang tua dan guru. 2) Sarana prasarana yang kurang memadai. 3) Kemalasan dan kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dalam menghafal al-Qur’an. 4) Suasana yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing Dr. Juli Amalia Nasucha M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Tahfidz, Hafalan al-Qur’an
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:03
Last Modified: 01 Sep 2020 04:03
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item