M. Riki, Sabran (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN BAUJENG I KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (365kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version Download (76kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (298kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
5. TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Model Pembelajaran diferensiasi merupakan tindakan yang dilakukan guru di kelas yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan setiap siswa, sehingga kebutuhan setiap anak dapat terpenuhi secara menyeluruh, karena pembelajaran dikaitkan dengan minat, profil belajar dan kesiapan siswa sehingga tercapai peningkatan kreativitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran PAI setelah penerapan pembelajaran diferensiasi di SDN Baujeng I langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran diferensiasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Peserta didik Sekolah Dasar Negeri Baujeng I Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan 2 sumber data yaitu data yang diambil dari subyek langsung (primer) dan data yang diambil dari dokumen-dokumen (sekunder).
Hasil penelitian menunjukkan; terdapat peningkatan pemahaman pada siswa, saat belajar pendidikan agama Islam setelah diterapkannya model pembelajaran diferensiasi, karena terbukti siswa memiliki kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan daya imajinasinya tinggi. Langkah-langkah yang digunakan yaitu, 1). mendefinisikan tujuan pembelajaran dengan jelas, 2). memenuhi kebutuhan murid dengan melakukan pemataan kebutuhan murid sebelum membuat RPP, 3). menciptakan lingkungan belajar yang mengundang siswa untuk belajar, 4). manajemen kelas yang efektif, 5). penilaian dilaksanakan secara berkelanjutan. Faktor penghambat: waktu yang terbatas Mendiferensiasikan pembelajaran membuat guru harus bekerja lebih dari biasanya dan waktu yang dibutuhkan pun lebih dari biasanya. Serta model pembelajaran difrensiasi masih baru sehingga guru juga harus lebih mendalami tentang model difrensiasi dan juga siswa-siswa yang masih saling mengganggu antar teman sehingga itu semu menjadi faktor penghambat pembelajaran model difrensiasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Diferensiasi, Mata Pelajaran PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 09:01 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 09:01 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |