Internalisasi Pendidikan Antikorupsi melalui Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Ar Roudhoh Kabupaten Pasuruan

Zunia, Zahrotut Tazkiyah (2023) Internalisasi Pendidikan Antikorupsi melalui Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Ar Roudhoh Kabupaten Pasuruan. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Internalisasi Pendidikan Antikorupsi Melalui Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Ar Roudhoh Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pendidikan Antikorupsi melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Sd Ar Roudhoh Kabupaten Pasuruan. 2) menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam menginternalisasikan pendidikan Antikorupsi melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Ar Roudhoh Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas I hingga kelas VI, Guru PAI, Walimurid dan peserta didik SD Ar Roudhoh Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan 2 sumber data yaitu data yang diambil dari subyek langsung (primer) dan data yang diambil dari dokumen-dokumen (sekunder).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses internalisasi pendidikan antikorupsi melalui pembelajaran di sd ar roudhoh kabupaten pasuruan bermula dari menteri pendidikan mendobrakkan lembaga pendidikan untuk menginternalisasikan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang berintegrasi dengan pendidikan antikorupsi di setiap mata pelajaran terutama pada mata pelajaran PAI & BP. sehingga beberapa usaha yang dilakukan warga sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan antikorupsi adalah dengan cara: a) mengadakan desiminasi pendidikan antikorupsi berupa sosialisasi disetiap awal tahun pembelajaran. b) adanya program kantin kejujuran yang diaplikasikan, tanpa adanya pedagang dan hanya jajanan kantin dengan lebel harga yang sudah disediakan. c) menambahkan pembelajaran pendidikan antikorupsi sebagai materi wajib disetiap hari sabtu. d) memasang slogan atau gambar yang berisikan tentang mawas diri terhadap perilaku koruptif. e) memberikan hukuman bagi siswa yang melanggar kedisiplinan. adapun nilai-nilai dalam pendidikan antikorupsi meliputi: kejujuran, kemandirian, kepedulian, kedisiplinan, tanggung jawa, kerja keras, sederhana, keberanian dan keadilan. 2) faktor pendukung: a) adanya dukungan dari warga sekolah, b) tersedianya modul ajar, c) inovasi dari warga sekolah melalui program sekolah yang mendukung. 3) faktor penghambat: a) latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, b) terbatasnya buku ajar dan sarana prasarana, c) kurangnya sosialisasi secara tertulis, e) peserta didik yang kurang antusias terhadap program sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pendidikan Anti Korupsi, Pembelajaran PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 28 Jun 2025 08:55
Last Modified: 28 Jun 2025 08:55
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item