PENGEMBANGAN PANDUAN DEBAT BAHASA ARAB (MUJADALAH) PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM

Husain, Muhammad Nur Majid (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN DEBAT BAHASA ARAB (MUJADALAH) PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & ABSTRAK Majid Husain.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Majid Husain.pdf - Published Version

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Majid Husain.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR RUJUKAN Majid Husain.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Lengkap Majid Husain.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi program divisi pengembangan bakat bahasa pada himpunan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab (HIMAPRODI-PBA) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC), dalam mencetak para pendebat bahasa Arab dan sekaligus menunjang kualitas debat bahasa Arab. Penelitian ini difokuskan pada pembuatan buku panduan debat bahasa Arab dengan menggunakan Indonesia-Arabic Debate System dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga melahirkan pertanyaan bagaimana proses pembuatan pengembangan panduan debat bahasa Arab pada prodi PBA IKHAC. Tujuannya untuk mengetahui proses pembuatan panduan debat bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan atau RnD dengan menggunakan langkah-langkah Borg and Gall. Pada 10 langkah yang dipaparkan, pengembangan panduan debat ini hanya menggunakan 8 langkah. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi, tes (one-group-pretest-posttest design) dan angket. Tes yang digunakan pada penelitian selayaknya pelaksanaan debat yang sesungguhnya, terdapat tim pro, kontra dan juri. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa pada prodi PBA IKHAC

Hasil analisis kebutuhan pada penelitian ini menunjukkan terdapat 4 faktor, yaitu mentor, waktu, konsisten dan panduan debat. Sehingga penelitian selaras dengan apa yang dibutuhkan. Hasil validator ahli menunjukkan nilai 77,88% atau dengan kategori layak dan sementara hasil validasi dari para subjek penelitian atau mahasiswa yang menggunakan buku panduan debat bahasa Arab ini memiliki nilai sebesar 86,35% atau dengan kategori sangat layak. Hasil SPSS dari pre-post test menujukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0.965 > 0.05 atau tidak memiliki perbedaan yang signifikan dan 0.322 > 0.05 atau tidak memiliki korelasi. Meski demikian, buku ini juga dapat dikategorikan sebagai buku panduan debat bahasa Arab yang pertama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Panduan, Debat Bahasa Arab, RnD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 19 Jul 2025 08:53
Last Modified: 19 Jul 2025 08:53
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item