STRATEGI PEMBIASAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SALAT DI UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN CANGKRINGMALANG III BEJI PASURUAN

Naning, Afriyanti (2023) STRATEGI PEMBIASAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SALAT DI UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN CANGKRINGMALANG III BEJI PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Tesis Naning Afriyanti full)
TESIS NANING AFRIYANTI - 201502012056.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam, pada era dewasa ini adalah krisis spiritual peserta didik yaitu terjadinya penurunan dalam pengetahuan agama dan praktek keagamaan. Salah satu bentuk problem yang dialami oleh peserta didik adalah kesulitan memahami materi salat yang telah dijelaskan dan diajarkan. Faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi salat adalah kurangnya motivasi dan minat peserta didik dalam mempelejari materi, rendahnya perhatian dari orang tua dalam memperhatikan materi salat. Salah satu taktik yang digunakan di UPT Satuan Pendidikan SDN Cangkringmalang III Beji Pasuruan adalah strategi pembiasaan, pembiasaan berupa praktek dilakukan secara terus menerus akan mengakar masuk pada pikiran peserta didik secara mendalam.
Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada materi salat di UPT Satuan Pendidikan SDN Cangkringmalang III, 2) menganalisis strategi pembiasaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi salat di UPT Satuan Pendidikan SDN Cangkringmalang III, 3) menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi pembiasaan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi salat di UPT Satuan Pendidikan SDN Cangkringmalang III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Dan teknik pengumpulan data yang digunkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa adalah melafalkan bacaan solat, mengingat materi salat. Sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi pembiasaan dengan melafalkan bacaan salat dan melakukan salat dhuha dan duhur berjama’ah di sekolah. Sedangkan faktor yang menyebabkan kesulitan siswa adalah faktor keluarga, fakto lingkungan dan motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembiasaan, Guru PAI, Materi Salat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Apr 2025 08:43
Last Modified: 23 Apr 2025 08:43
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item