PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS KELAS PERSIAPAN STUDI TIMUR TENGAH DI MBI AMANATUL UMMAH MOJOKERTO)

Mia, Magnolia (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS KELAS PERSIAPAN STUDI TIMUR TENGAH DI MBI AMANATUL UMMAH MOJOKERTO). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak Skripsi Mia.pdf - Published Version

Download (805kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I Skripsi Mia.pdf - Published Version

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V Skripsi.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang program pembelajaran bahasa Arab pada kelas khusus. penelitian dilakukan pada program kelas khusus yang ada di MBI Amanatul Ummah Mojokerto yang sengaja dibentuk sebagai tempat belajar peserta didik yang berkeinginan dan mempunyai bakat untuk melanjutkan studinya ke Negara Timur Tengah seperti Mesir, Libanon, Turki, Sudan, Maroko dan Yaman. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : pertama, metode pembelajaran bahasa Arab pada Program kelas khusus (studi kasus kelas persiapan studi Timur Tengah di MBI Amanatul Ummah Mojokerto), kedua, materi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab pada Program kelas khusus (studi kasus kelas persiapan studi Timur Tengah di MBI Amanatul Ummah Mojokerto), ketiga, capaian siswa dalam pembelajaran bahasa Arab pada Program kelas khusus (studi kasus kelas persiapan studi Timur Tengah di MBI Amanatul Ummah Mojokerto).
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus di program fashl khosh MBI Amanatul Ummah Mojokerto. Sumber penelitian ini berasal dari wawancara, Dokumentasi dan observasi, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan lebih fokus pada wawancara dan dokumentasi serta observasi, serta teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yaitu, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Aran pada kelas khusus MBI Amanatul Ummah Mojokerto adalah sebagai berikut: pertama, proses pembelajaran bahasa arab menggunakan beberapa strategi yaitu, mengungkapkan kembali, startegi grup kecil, strategi analisis, strategi langsung, strategi menulis karangan pendek dan paragraf, Strategi Pembelajaran Tarkib. Serta menggunakan beberapa metode yang digunakan yaitu, metode gramatikal dan tarjamah, metode langsung, metode audio-lingual, metode eklektik. kedua, Materi yang diguanakan dalam pembelajaran yaitu, al-lughoh al-‘arobiyah al-mu’ashiroh, muhawaroh al-hadiistah bil lughoh al-’arobiyah, jurumiyah,’ imrithi, alfiyah ibnu aqil, syarah halil ma’qud, ‘arbain nawawi, hasyiyah ad-dimyati a’la syarah waroqot, ia’natun nisa, uquduljain. ketiga, capaian peserta didik pada kelas khusus yaitu, lulus tes seleksi beasiswa Timur Tengah, menghafal 100 bait nadhzom alfiyah ibnu ‘aqil, hafal 40 hadis ‘arbain nawawi, hafal al-qur’an minimal 5 juz, serta dapat menguasai seluruh materi yang diajarkan di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Program Kelas Khusus, Studi Timur Tengah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 24 Aug 2020 07:26
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item