IMPLEMENTASI KONSEP TAZKIYATUN NAFS AL-GHAZALI DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL HIKMAH MOJOKERTO

M. Zakaria, Al-Anshori (2023) IMPLEMENTASI KONSEP TAZKIYATUN NAFS AL-GHAZALI DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL HIKMAH MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MI Nurul Hikmah adalah sebuah sekolah di Dsn. Sukoanyar, Kedunggede, Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Sekolah ini memiliki pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada ilmu keagamaan dengan menerapkan konsep Tazkiyatun Nafs Al Ghazali kepada siswanya, terutama siswa kelas V ibtidaiyah, sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah. Konsep Tazkiyatun Nafs Al Ghazali merupakan proses penyucian jiwa yang bertujuan untuk mencapai akhlak mulia yang terkikis akibat perubahan zaman yang semakin modern. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan konsep penyucian jiwa perspektif Al Ghazali dalam pembelajaran Akidah Akhlak kepada siswa di MI Nurul Hikmah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di MI Nurul Hikmah Sukoanyar, Kedunggede, Dlanggu, Mojokerto, karena data yang dibutuhkan berada di sekolah tersebut dalam konteks implementasi konsep Tazkiyatun Nafs Al Ghazali dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa konsep Tazkiyatun Nafs menurut Al-Ghazali terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1. Takhalli, 2. Tahalli, dan 3. Tajalli. Dalam konteks pembelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Hikmah Mojokerto, implementasi konsep Tazkiyatun Nafs Al Ghazali dilaksanakan melalui tiga strategi yang saling berhubungan, yakni: A. menghindari perilaku buruk, B. mengembangkan perilaku yang terpuji, dan C. meningkatkan pemahaman tentang Allah SWT. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi-strategi ini berpotensi membentuk karakter siswa-siswi di MI Nurul Hikmah Mojokerto menjadi individu yang memiliki pemahaman agama yang kuat serta bermoral tinggi, sejalan dengan contoh akhlak yang dicontohkan oleh Al-Ghazali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yusuf Suharto, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Tazkiyatun Nafs, Al Ghazali, Akidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 14 Dec 2024 07:52
Last Modified: 14 Dec 2024 07:52
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item