Salamatu, Rochmah (2019) PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD ALAM ISLAMI eLKISI PUNGGING MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (394kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (162kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Salamatu Rochmah_20151700126026 Watermak.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tahfidz Al-Qur’an merupakan sebuah program yang saat ini sangat banyak diminati oleh masyarakat. Di samping itu, metode, buku motivasi dan aplikasi menghafal Al-Qur’an juga telah banyak beredar memudahkan siapa saja untuk menghafal Al-Qur’an. Bukan hanya itu, lembaga-lembaga sekolah juga banyak yang menawarkan program menghafal Al-Qur’an sebagai program unggulannya. Hal serupa juga terjadi di SD Alam Islami eLKISI, bahkan sekolah tersebut tidak hanya menerapkan program menghafal Al-Qur’an saja sebagai program unggulannya, tetapi juga program menghafal Hadits yang biasa dikenal dengan tahfidz maudhu’i.
Fokus penelitian dalam kajian ini adalah, 1) Bagaimanakah pelaksanaan program tahfidz di SD Alam Islami eLKISI? 2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dari program tahfidz di SD Alam Islami eLKISI? 3) Bagaimanakah usaha para guru untuk mencapai target hafalan Al-Qur’an tanpa mengganggu pelajaran peserta didik secara umum? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam tentang program tahfidz di SD Alam Islami eLKISI, faktor pendukung dan faktor penghambatnya serta usaha guru untuk mencapai target hafalan Al-Qur’an tanpa mengganggu pelajaran peserta didik secara umum.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengembangkan deskripsi sebuah program, serta menganalisisnya secara mendalam melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, 1), Program tahfidz ini dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang telah dikonversi dengan model pembelajaran talaqqi, tahsin, muraja’ah, setor hafalan dan evaluasi. 2) Program ini didukung oleh adanya buku penghubung, kerjasama dengan orang tua, pemutaran murottal ketika istirahat, kecerdasan peserta didik, evaluasi mendadak dan motivasi dari guru. Sedangkan hambatannya adalah dukungan orang tua yang kurang, ketidakcocokan antar anak, tidak muraja’ah di rumah , tahsin di rumah kurang tepat dan peserta didik keluar kelas sebelum waktu istirahat. 3) Program tahfidz dapat berjalan berdampingan dengan mata pelajaran tematik karena adanya pembagian waktu yang jelas, guru yang mensiasati pelajaran tematik agar mudah difahami, kerjasama dengan orang tua dan motivasi sesuai kemampuan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Agung Purwono, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Program, Tahfidz, Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 04:01 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 04:01 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/350 |
Actions (login required)
View Item |