AHMAD, NUR HADI (2020) UPAYA PENDIDIK (GURU) AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KUALITAS SOSIAL SISWA TERHADAP KETERAKALAN BERAGAMA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN AMPEL JEMBER. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Melalui pendidikan, seseorang mendapatkan informasi dan pengetahuan. Semakin tinggi ilmu pendidikan seseorang maka semakin banyak informasi dan pengetahuan yang diperolehnya. Akidah Akhlak adalah mata pelajaran yang menanamkan dasar keimanan pada seseorang. Akidah Akhlak merupakan keadaan batin seseorang yang menjadi sumber lahirnya suatu perbuatan. oleh karena itu, dalam menjalin suatu hubungan antar sesama manusia harus dilandasi dengan Akhak yang karimah. Pembelajaran Akidah Akhlak bertujuan untuk membina keimanan dan perkembangan perilaku dari setiap peserta didiknya.
Penelitian ini difokuskan pada upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa terhadap kesadaran peserta didik di MTs Sunan Ampel Jember. yang menjadi faktor penghambatan dan pendukung dalam peningkatan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field researd) yang bersifat kualitatif yang dilaksanakan di MTs Sunan Ampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, dan conclusing drawing/verification. Pengujian keabsahan data yang diperoleh pada penelitian ini dengan cara triangulasi sumber,member check dan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan.
Hasil penelitian ini dapat kita ketahui bahwa terdapat kesenjangan antaran penerapan dan hasil yang dicapai siswa. Sekalipun pembelajaran akhlak telah diterapkan dengan melakukan proses intensifikasi pendidikan agama di sekolah namun kenyataannya perilaku-perilaku penyimpangan terhadap ajaran agama masih dilakukan oleh mayoritas siswa di MTs Sunan Ampel. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh faktor dari luar lingkungan sekolah yang juga dapat mempropokatori dari perbuatan buruk, misal merokok, belum bisa berbahasa dengan baik dan sopan ketika sedang berbicara dengan guru, dan bagi siswa perempuan yang masih banyak tidak menggunakan jilbab, akan tetapi implementasi pembelajaran akhlak diimplementasikan melalui intensifikasi pelaksanaan pendidikan agama di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, Kualitas Sosial Siswa, Keterakalan Agama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI UKHAC |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 10:13 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 10:13 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3498 |
Actions (login required)
View Item |