Mokhamad, Syaifu (2022) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SANTRI DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (286kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (335kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FULL FARIS REp.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Manajemen dalam sebuah yayasan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan didalam mencapai suatu tujuan organisasi. MBI Amanatul Ummah merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang berada di bawah naungan yayasan Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang memadukan antara pembelajaran pesantren madrasah diniyah dan juga pendidikan formal. Perkembangan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun menjadi salah satu faktor meningkatnya minat masyarakat terhahadap pondok pesantren ini. Terlebih berbagai prestasi yang telah berhasil dicapai oleh para santri-santrinya tentu akan mampu menjadi daya tarik tersendiri wali santri untuk menitipkan putra putrinya mondok sekaligus sekolah di MBI Amanatul Ummah. Fokus penelitian 1) Bagaimana perencanaan manajemen Pondok Pesantren dalam meningkatkan kompetensi santri?; 2) Bagaimana Pelaksanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kompetensi santri?; 3)Bagaimana hambatan dan solusi dalam meningkatkan kompetensi santri?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun teknik analis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, data display dan verifikasi data. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi, memperpanjang pengamatan, dan peningkatan ketekunan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kompetensi santri yakni mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen yang di awali dari kegiatan awal tahun menjadi kegiatan akhir tahun yaitu kegiatan rapat kerja guru yang didalamnya semua elemen yang ada di MBI Amanatul Ummah dari guru fungsionaris, satpam, tukang sapu dan seterusnya terlibat. 2) Pelaksanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kompetensi santriterdapat program daurah, Berbagai kegiatan ekstrakulikuler dan keorganisasian yang di tangani serius sehingga banyak lulusan santri menjadi pimpinan di universitas (seperti Presiden BEM, ketua UKM) serta adanya pengingat 7 kunci kesuksesan yang selalu dipegang teguh. 3) Hambatan dan solusi dalam meningkatkan kompetensi santri yakni keberadaan guru dan asatidz yang tidak semuanya bertempat tinggal di pondok pesantren maupun di sekitaran, solusi yang diberikan oleh lembaga maka adanya fasilitas transportasi yang memadai untuk antar jemput guru dan asatidznya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pondok Pesantren, Kompetensi Santri |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 10:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 10:28 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3478 |
Actions (login required)
View Item |