Siti, Wahyuni (2023) Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik di MI Miftahul Qulub Tawar Gondang. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover+Abstrak.pdf - Published Version Download (500kB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (356kB) |
|
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (518kB) |
|
Text (Skripsi Siti Wahyuni_20191700126029)
5. Skripsi Siti Wahyuni_20191700126029.docx.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sikap tanggung jawab sangat penting diajarkan ke peserta didik sejak dini. Jika tidak di ajarkan sejak dini, maka ini akan berdampak pada kehidupan sehari-hari ataupun yang akan mendatang. Dampaknya bisa berpengaruh pada kegiatan di sekolah, lingkungan, maupun bermasyarakat. Dampaknya juga bisa merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Sehingga ini pentingnya mengajarkan sikap tanggung jawab ke peserta didik sejak dini. Hal ini sejalan dengan tujuan ekstrakulikuler pramuka yang mempunyai hubungan dengan pembentukan karakter peserta didik terutama pada sikap tanggung jawab.
Tujuan Penelitian ini dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui peran ekstrakulikuler pramuka dalam membentuk sikap tanggung jawab peserta didik di MI Miftahul Qulub Tawar Gondang. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala dan upaya pada kegiatan ektrakulikuler pramuka dalam membentuk sikap tanggung jawab peserta didik di MI Miftahul Qulub Tawar Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Menggunakan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumntasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) peran ekstrakurikuler pramuka membentuk sikap tanggung jawab dengan membiaskan peserta didik bersungguh-sungguh dalam segala hal dan menerima segala konsekuensinya, selalu berusaha melalukan yang terbaik dan memenuhi kewajibannya, taat pada aturan dan selalu jujur. 2) kendalanya terdiri dari faktor internal yaitu dari faktor sikap dirinya sendiri dan dari faktor eksternal yaitu dari faktor keluarga. Upaya yang dilakukan peserta didik harus lebih giat lagi dalam memahami dan menghafal materi serta tetap menjaga stamina tubuh ketika kegiatan ekstrakurikur pramuka berlangsung, Pembina pramuka harus mempunyai metode atau ide yang lebih menarik dan dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka, Sikap Tanggung Jawab |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 10:30 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 10:30 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3421 |
Actions (login required)
View Item |