Anisa, Ria Maulana (2024) Pengaruh Supervisi Klinis dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Puri. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (330kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) |
|
Text (BAB V (Penutup))
BAB V.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Supervisi klinis merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan kinerja guru oleh karena itu kegiatan supervisi harus rutin dilakukan, mengingat bahwa pelaksanaan kegiatan supervisi hanya diadakan satu semester sekali. Peningkatan kompetensi profesional guru dapat meningkatkan kinerja guru dengan mengembangkan keahlian dalam bidang, sehingga guru dapat memberikan pengajaran yang lebih bermutu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif, penelitian ini bersifat asosiatif kausal. Sampel pada penelitian ini sebanyak 71 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk menjadi anggota sampel. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan diuji menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa supervisi klinis (X1) memiliki pengaruh terhadap terhadap kinerja guru (Y) hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis T dimana thitung 4,102 lebih besar dari rtabel dengan nilai 1,994, dengan nilai signifikannya sebesar 0,000 yang lebih rendah dari a 0,05. Kompetensi profesional guru (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis T dimana thitung 1,659 lebih kecil dari ttabel yang memiliki nilai 1,994, dengan nilai signifikan 0,102 lebih tinggi dari a 0,05. Variabel supervisi klinis (X1) dan kompetensi profesional guru (X2) memiliki pengaruh secara simultan terhadap kinerja guru (Y) , hal ini dapat dilihat berdasarkan uji F yaitu Fhitung sebesar 15.858 dan Ftabel sebesar 3,132. Sehingga dapat ditarik kesimpulan fhitung > ftabel dan menunjukan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih rendah dari a 0,05.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Klinis, Kompetensi Profesional Guru dan Kinerja Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 09:12 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 09:12 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3400 |
Actions (login required)
View Item |