INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMA NEGERI 1 GONDANG

Siti, Ichsanul Hamidah (2024) INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMA NEGERI 1 GONDANG. Diploma thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_Hampir Fiks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Internalisasi merupakan proses dimana seseorang menanamkan atau memperoleh suatu nilai, norma, keyakinan atau sikap yang kemudian menjadi bagian dari dirinya sendiri. Karakter religius merupakan watak, tabiat, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk melalui internalisasi dari berbagai kebijakan yang berlandaskan pada ajaran-ajaran agama. Kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh sekolah, merupakan salah satu cara agar karakter religius dapat diinternalisasikan, sehingga peserta didik dapat terbiasa dengan nilai-nilai karakter yang telah tertaman dan menjadi bagian dari dirinya. Penelitian ini berfokus pada proses internalisasi dan nilai-nilai karakter religius yang diinternalisasikan melalui kegiatan keagamaan di SMA Negeri 1 Gondang.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian pada analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya peneliti melakukan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada proses internalisasi karakter religus peserta didik di SMA Negeri 1 Gondang melibatkan empat bentuk kegiatan keagamaan, yaitu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Tahap tranformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi telah tercermin dalam proses tersebut, sehingga mampu membantu peserta didik dalam menginternalisasikan karakter religius dan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Adapun dengan melalui kegiatan keagamaan mampu membantu pembiasaan yang baik bagi peserta didik, sehingga tercerminlah sikap seperti kejujuran, sopan santun, kasih sayang, empati, kesabaran dan ketekunan dalam tindakan dan perilaku sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internalization, Religious Character, Religious Activities.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 04 Oct 2024 09:19
Last Modified: 04 Oct 2024 09:19
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3398

Actions (login required)

View Item View Item