Syarifuddin, Hidayatulloh (2022) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP AL-AZHAR MENGANTI GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (249kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (99kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (TesisFull)
TESIS FULL SYARIF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan Judul Manajemen Kurikulum berbasis Pesantren untuk Membentuk Karakter Siswa di SMP Al-Azhar Menganti Gresik, Tesis ini dilatar belakangi oleh eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali di Indonesia masih menunjukkan eksistensinya di era laju
modernitas terutama dalam membentuk karakter santrinya. Begitu juga dengan sekolah yang selalu melakukan pengembangan dan membuat formula baru untuk membentuk karakter siswa. Demikian juga pada SMP Al-Azhar Menganti yang
tetap memegang teguh pada nilai-nilai kepesantrenan. Sekolah yang berada
dalam satu lingkungan pesantren tersebut berupaya menyelenggarakan sistem
pembelajaran dengan kurikulum berbasis pesantren.
Penelitian ini membahas tentang kurikulum berbasis pesantren di SMP Al-Azhar Menganti bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagian- bagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: 1). Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis pesantren untuk membentuk karakter siswa di SMP Al-Azhar Menganti Gresik? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren untuk membentuk karakter siswa di SMP Al-Azhar Menganti Gresik? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis pesantren untuk membentuk karakter siswa di SMP Al-Azhar Menganti Gresik? Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, condensation data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan sumber.
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum berbasis pesantren dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak baik dari sekolah maupun dari pesantren yakni biro pendidikan dan biro kepesantrenan. Pada tahap perencanaan ini, kedua biro tersebut merancang Tujuan pendidikan yang akan dijadiakan acuan hasil dari para siswa dan merancang kitab-kitab yang akan di jadikan rujukan maupun yang dipelajari di Sekolah. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan dua strategi yakni tradisional seperti bandongan dan strategi pembelajaran aktif apabila dibutuhkan. Evaluasi kurikulum berbasis pesantren dilakukan dengan memprioritaskan sikap kedisiplinan dan akhlak siswa baik di Sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum, Pesantren, Karakter |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 08:03 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 08:03 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3351 |
Actions (login required)
View Item |