Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Pendidikan di SMK PK BIM Jombang

Vita Dewi, Kartiningsih (2024) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Pendidikan di SMK PK BIM Jombang. Diploma thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mutu pendidikan menjadi tolok ukur keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencetak kualitas peserta didik. Dalam rangka mencetak peserta didik yang berkualitas harus memiliki guru yang profesional agar mampu melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, serta memiliki fasilitas belajar yang lengkap dan memadai.
Analisis ini menggunakan variabel independen kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar dan variabel dependennya adalah mutu pendidikan. Adapun sampel yang ada dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK PK BIM Jombang. Di dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampling ialah proportional random sampling. Adapun pengumpulan datanya yaitu melalui kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden sebanyak 97 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Profesional Guru (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan (Y) baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini, terdapat pengaruh antara X1 terhadap Y secara parsial yang dilihat dari hasil uji-t bahwa diperoleh nilai thitung sebesar 2,844 > ttabel sebesar 1,986, adapun pengaruhnya sebesar 26,8%. Serta terdapat pengaruh X2 terhadap Y yaitu diperoleh nilai sebesar thitung 6.768 > ttabel sebesar 1,986, adapun pengaruhnya sebesar 63,8%. Dan menemukan hasil perhitungan pengaruh secara simultan yaitu 76,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI UAC
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:10
Last Modified: 25 Aug 2025 08:10
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item