PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI. PLUS TARBIYATUS SYARIFAH SUKODONO SIDOARJO

Suharsono, Suharsono (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI. PLUS TARBIYATUS SYARIFAH SUKODONO SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak.pdf)
Cover dan Abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan.pdf)
BAB 1 Pendahuluan.pdf.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup.pdf)
BAB 5 Penutup.pdf.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (Tesis Full text.pdf)
Tesis Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan dan mendiskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita di kelas IV MI. Plus Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui penerapan langkah-langkah kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita dikelas IV MI. Plus Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo. (3) Untuk Menganalisis faktor pendukung penerapan langkah-langkah kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita dikelas IV MI. Plus Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak, dan juga siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, display data, verifikasi, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita harus dilakukan secara menyeluruh agar pembelajaran berjalan maksimal sesuai dengan harapan dan langkah langkah itu antara lain Persiapan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Penerapan metode bercerita dilakukan dengan tahapan-tahapan berawal dari bahan ajar yang dipersiapkan pada RPP, kemudian disampaikan kepada peserta didik dengan daya improvisasi pendidik sangat besar terhadap perubahan prilaku positif peserta didik. Langkah pendidikan Akidah Akhlak di MI Plus Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo adalah dengan memahami permasalahan peserta didik di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat, memahami penyebabnya dan memberikan solusi yaitu dengan jalan keasaran bersama akan pentingnya nilai-nilai karakter peserta didik dan berkotmitmen dan penghayatan nilai yang di lakukan secara bersama-sama di ingkungan sekolah serta adanya sistem evaluasi yang dapat di andalkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Metode Cerita, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:20
Last Modified: 24 Aug 2020 03:20
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item