Pengaruh Model Pembelajaran PMRI Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas I Di MI Darussalam

Nisa Aulia, Rahmah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran PMRI Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas I Di MI Darussalam. Diploma thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Numerasi merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh
siswa. Alasan kemampuan ini penting untuk dimiliki karena kemampuan ini
mampu mempersiapkan siswa dalam hidup di masyarakat atau dunia kerja. Pada
PISA tahun 2018 kemampuan numerasi siswa di Indonesia sangat rendah. Namun
pada PISA tahun 2022 kemampuan numerasi siswa mampu naik peringkat. Hal ini
dibuktikan oleh hasil tes PISA. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk siapkan
pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Salah satu
cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran
yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
PMRI terhadap kemampuan numerasi siswa kelas I materi penjumlahan dan
pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre
eksperimental pretest posttest. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis (soal uraian).
Hasil analisis data yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil rata-rata
sebelum diberikannya perlakuan sebesar 35.81. Sedangkan rata-rata setelah
diberikannya perlakuan sebesar 86.50. Adapun hasil uji paired sample t test
diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran PMRI berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PMRI, Kemampuan Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKHAC
Date Deposited: 31 Oct 2024 10:22
Last Modified: 31 Oct 2024 10:22
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item