Neng, Atsnaa Muhaapilah (2024) DAMPAK SERTIFIKASI HALAL PADA UMKM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DI KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (722kB) |
|
Text (bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 5 penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (410kB) |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (776kB) |
|
Text (skripsi full)
Skripsi full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Sertifikat halal merupakan pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (JPH) berdasarkan fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariat Islam. Hal ini menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan daya saing di pasar internasional. Melalui sertifikasi halal kita dapat mewujudkan kemaslahatan, karena Islam mengharuskan umatnya untuk menjaga kepentingan, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak sertifikasi halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Tasikmalaya. Mengingat pentingnya aspek kehalalan dalam konsumsi produk makanan dan minuman di Indonesia, khususnya bagi konsumen muslim. Sertifikasi halal menjadi salah satu faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara yang mendalam dengan pemilik UMKM dan konsumen di Kota tasikmalaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal memberikan Dampak positif terhadap peningkatan kepercayaan konsumen muslim di Kota Tasikmmalaya. Konsumen menganggap bahwa produk dengan sertifikasi halal lebih terpercaya dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pemilik UMKM yang telah memperoleh sertifikasi halal melaporkan peningkatan dalam loyalitas pelanggan dan penjualan produk. Proses mendapatkan sertifikasi halal juga mendorong UMKM untuk meningkatkan standar kualitas dan kebersihan produk mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa sertifikasi halal memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah dan pelaku UMKM, mengenai pentingnya sertifikasi halal dalam mengembangkan usaha dan memperkuat hubungan dengan konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sertifikasi Halal, UMKM, Kepercayaan Konsumen |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 ES IKHAC |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:08 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:08 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3304 |
Actions (login required)
View Item |