Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Mojokerto

Bida’atunida, nida (2024) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Mojokerto. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana merupakan aspek yang penting untuk dilaksanakan. Pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal akan memberikan dukungan dalam kesuksesan proses pembelajaran dilingkungan sekolah. Manajemen sarana dan prasarana diartikan sebagai serangkaian proses kerja sama yang melibatkan pemanfaatan sarana dan prasarana secara efektif dan efesien untuk mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Mojokerto. 2) untuk mengetahui pengorganisasian sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Mojokerto. 3) untuk mengetahui pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Mojokerto.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskripstif dengan teknik dalam pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini 1) perencanaan sarana dan prasarana dilakukan pada akhir tahun pelajaran dengan analisis kebutuhan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan guru-guru dalam rapat. Analisis ini bertujuan untuk menentukan apa saja yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya. 2) pengorganisasian sarana dan prasarana dilakukan melalui tahapan pendistribusian. Pendistribusian dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. 3) pelaksanaaan meliputi dua tahap yaitu inventarisasi dan pemeliharaan. Inventarisasi dilakukan dengan mencatat barang dan diberi kode barang. Sedangkan pemeliharaan dilakukan dengan melakukan pengecekan barang secara berkala dan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana Dan Prasarana, Efektivitas Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI IKHAC
Date Deposited: 24 Aug 2024 05:59
Last Modified: 24 Aug 2024 05:59
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3265

Actions (login required)

View Item View Item