PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 BANGSAL MOJOKERTO

Ahmad, Nawari (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 BANGSAL MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu unsur pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan standar pengajaran adalah mutu pendidikan. Endang Mulyasa berpendapat mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dapat dilihat dari istilah EMASLIM FM yang merupakan educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator, figure and mediator. Kepala sekolah sebagai administrator pada hakikatnya mendayagunaan sumber daya yang ada dengan optimal, efektif, efesien dan relevan demi tercapainya tujuan pendidikan. Kepala sekolah sebagai administrator di SMAN 1 bangsal mojokerto melakukan pengelolaan mutu pendidikan dengan baik, dari mengelola input, process, dan outputnya. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Bangsal Mojokerto. (2) Bagaimana implementasi peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Bangsal Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan terknik triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang tersiri atas reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah dimulai dari gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dengan gaya demokrasi, menerapkan model kepemimpinan administrator secara disiplin, melakukan peninjauan terhadap pengkatan peserta didik, menempatkan sesuai dengan kompetensinya, melakukan penilaian kinerja guru, serta meninjau kelengkapan dan perawatan sarana dan prasana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Administrator, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI IKHAC
Date Deposited: 20 Aug 2024 09:30
Last Modified: 20 Aug 2024 09:30
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item