KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SEDURI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

Misbakhul, Ulum (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SEDURI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH.Abdul Chalim.

[img] Text (COVER, ABSTRAK)
COVER, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (Tessis full text)
TESIS MISBAKHUL ULUM REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang kepemimpinan dalam pendidikan selalu menarik perhatian. Berbagai gaya kepemimpinan telah dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini berfokus pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SLB Negeri Seduri yang melayani siswa disabilitas.

Kepemimpinan di sekolah disabilitas berbeda dari sekolah umum, memerlukan pendekatan dan model khusus karena kebutuhan pendidikan dan budaya yang berbeda. Penelitian ini akan mengeksplorasi kontribusi kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer dalam pengembangan kompetensi guru di SLB Negeri Seduri.

Dengan dua fokus ini, penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang peran kepala sekolah di SLB dalam mengembangkan kompetensi pendidik. Temuan diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam mengidentifikasi model kepemimpinan yang efektif di sekolah disabilitas.

Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, menekankan analisis deduktif dan induktif serta dinamika hubungan antara fenomena yang diamati.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin menjalankan kepemimpinan kharismatik yang visioner, berperan sebagai pelaksana visi dan misi, inovator, motivator, dan komunikator. Sebagai manajer, kepala sekolah mengombinasikan tiga dimensi komunikasi: demokratis pada perencanaan kebijakan, otoriter pada pengambilan keputusan, dan delegatif berdasarkan kompetensi guru-guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemimpinan, Difabel, Kompetensi, Guru, Leader, Manager.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 25 Oct 2025 07:24
Last Modified: 25 Oct 2025 07:24
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item