PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD BADRUT TAMAM WONOASIH PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Musaddad, Musaddad (2020) PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD BADRUT TAMAM WONOASIH PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Daftar Rujukan)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah masih sebatas penyampaian pengetahuan (transfer of knowledge) Agama Islam. Hal ini berarti pesera didik hanya menerima materi pendidikan agama Islam tanpa ada usaha menggali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Selain itu, hal ini juga membuat peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran sehingga muncul anggapan bahwa pendidikan agama Islam itu diajarkan lebih pada hafalan dan mendengarkan ceramah pendidik. Dalam meningkatkan peran aktif peserta didik untuk mencapai hasil maksimal maka peneliti memberikan solusi penggunaan strategi cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) serta penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran pendidikan agam Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) Pengaruh penggunaan strategi cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik di SD Badrut Tamam Wonoasih, Probolinggo, 2) Pengaruh penggunaan strategi Contextual Teaching and Learningi (CTL) pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik di SD Badrut Tamam wonoasih, probolinggo, dan 3) Pengaruh strategi cooperative learning Tipe STAD dan strategi Contextual Teaching and Learningi (CTL) secara simultan pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik di SD Badrut Tamam Wonoasih, Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya merupakan penelitian pendidikan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus uji f dan selanjutnya dianalisis dengan jasa komputer statistik SPPS versi 24 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan strategi cooperative learning tipe STAD berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar pembelajaran PAI dengan hasil hitung sebesar 0,771 termasuk kategori kuat, 2) strategi contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar pembelajaran PAI dengan hasil hitung sebesar 0,707 termasuk kategori kuat, 3) Strategi cooperative learning tipe STAD dan strategi contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar pembelajaran PAI peserta didik berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel atau 26,083 > 3,74 maka H03 ditolak dan Ha3 diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: STAD, CTL, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Aug 2020 08:47
Last Modified: 22 Aug 2020 08:47
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item