Metode Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak Yang Islami pada Siswa SMP Plus Tahdzibun Nasyiin Pakuniran Probolinggo (Tinjauan dari Segi Metode dan Evaluasi Pembelajaran dan Pembinaan Akhlak).

Tajul, Musthafa (2020) Metode Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak Yang Islami pada Siswa SMP Plus Tahdzibun Nasyiin Pakuniran Probolinggo (Tinjauan dari Segi Metode dan Evaluasi Pembelajaran dan Pembinaan Akhlak). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (745kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS TAJUL MUSTHAFA OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Bagaimana metode yang digunakan guru dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo? (2) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam PembinaanAkhlak pada siswa SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo? (3) Bagaimana evaluasi yang digunakan guru dalam Pendidikan Agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data da kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan, pemeriksaan keteralihan dan pemeriksaan ketergantungan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Metode Yang digunakan Guru dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo tidaklah jauh berbeda dengan sekolah-sekolah lain. Yang mana metode yang di gunakan adalah menggunakan metode bercerita atau ceramah, resitasi, praktek langsung dan juga berkelompok. (2) Metode Guru dalam Pembinaan Akhlak pada siswa SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo adalah Setiap pagi diadakan apersepsi dilapangan maupun di kelas. Kemudian melalui proses pembiasaan. keteladanan, (dalam lingkungan sekolah), metode nasehat, bercerita, sirah (kisah-kisah para Nabi), dan metode pembiasaan. Pada waktu pembelajaran guru terkadang memotong pembelajaran untuk memperbaiki sikap anak jika diperlukan. Karna dalam pandangan Guru di SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan ini sikap anak lebih utama daripada nilai pelajaran. (3) Evaluasi yang Dibuat Guru dalam Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak pada Siswa SMP. Plus Tahdzibun Nasyiin Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo dalam bentuk laporan informasi dan bentuk instrument Sedangkan dalam evaluasi pembinaan akhlak, dengan melihat laporan kegitan anak yang berhubugan dengan infak, shalat, sedekah. Dan juga melihat Laporan Perkembangan Sikap dan Perilaku Siswa dan juga Bintang Ibadah dan Prestasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pendidikan Agama Islam dan Akhlak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Aug 2020 06:08
Last Modified: 22 Aug 2020 06:08
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item