Abdurrahman, Rahman (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FIQIH BERBASIS COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII MTs. AKSELERASI-EXCELLENT AMANATUL UMMAH PACET. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version Download (425kB) |
|
Text (Bab akhir penutup)
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (full tesis)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh (Ful).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Abdurrahman. 2020, Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Bebasis Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik siswa Kelas VII MTs. Akselerasi-Excellent Amanatul Ummah Pacet, Tesis Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto. Pembimbing 1. Dr. Abu Darim, M.Pd,M.Si, 2. Dr. Eng. Fadly Usman, M.T.
Kata Kunci: Bahan Ajar Fiqih, Berbasis Cooperative Learning, dan Kemampuan Psikomotorik
Ilmu fiqih adalah pengetahuan tentang hukum-hukum syara’ yang praktis yang diambil dari dalil-dalil yang terperinci, artinya materi fikih merupakan ilmu yang sangat kompleks, yang tidak cukup hanya dihafal dan diketahui teorinya, tapi juga harus dipahami sehingga mampu dipraktikkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Problem yang terjadi ternyata materi fiqih hanya sebatas diketahui secara teori tapi dalam tataran praktik dan pengamalannya kurang mampu.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses, produk, dan hasil pelaksanaan Pengembangan bahan ajar Fiqih berbasis Cooperative Learning untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas VII MTs.Akselerasi-Excellent Amanatul Ummah Pacet. Pendekatan penelitian dalam tesis ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan Langkah penelitian research and development (R&D) ini mengadopsi prosedur pengembangan yang dilakukan oleh Borg dan Gall.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Proses pengembangan bahan ajar fiqih berbasis cooperative learning kelas VII MTs.Akselerasi-Excellent Amanatul Ummah Pacet dikembangkan dalam beberapa tahap, yaitu: melakukan perencanaan pengembangan pembelajaran, menulis bahan pembelajaran, validasi desain, uji coba lapangan, dan revisi. 2) Hasil produk berupa buku guru dan buku siswa, yang berjudul “Fiqih Ibadah Berbasis Cooperative Learning dalam Kemampuan Psikomotorik”, 3) Hasil pelaksanaan pengembangan adalah dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas VII MTs.Akselerasi-Excellent Amanatul Ummah Pacet dengan berdasar pada Perhitungan SPSS 16.0 dengan uji t terhadap rata-rata skor awal (Pretest) dan uji akhir (Post Test) kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LE Individual institutions (America except United States) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Aug 2020 05:43 |
Last Modified: | 22 Aug 2020 05:43 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/300 |
Actions (login required)
View Item |