STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM IRTIQOIYAH SENTONG KREJENGAN PROBOLINGGO

Abd., Basit Erwiyanto (2020) STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM IRTIQOIYAH SENTONG KREJENGAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustakaa baru oke.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Tugas Akhir full text)
DAFTAR ISI PAKE ROMAWI oke (2 files merged).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan terletak pada proses manajemen pembelajaran serta pengelolaan sekolah/madrasah. Dalam hal tersebut Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Irtiqoiyah Sentong Krejengan Probolinggo berusaha agar manajemen pembelajaran berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Strategi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAI Irtiqoiyah Sentong Krejengan Probolinggo. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan Strategi manajemen pembelajaran beserta solusi dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAI Irtiqoiyah Sentong Krejengan Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di SMAI Irtiqoiyah Sentong Krejengan Probolinggo dari bulan Januari sampai bulan Agustus 2020.Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah.Sedangakan informan penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolahbidang kurikulum, Kepala Tata Usaha, beberapa orang guru, dan beberapa siswa.Objek penelitian ini adalah Strategi manajemen pembeajaran.Metode pengumpulan data menggunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunkan triangulasi metode dan sumber. Sedangkan Teknik analisa data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi.

Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAI Irtiqoiyah Sentong Krejengan Probolinggo meliputi proses (a) Penyusunan RPP (b) Pengelolaan Pembelajaran (c) Pelaksanaan Pembelajaran (d) Evaluasi Pembelajaran (2) Hambatan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAI Irtiqoiyah Sentong meliputi (a) penghambat perencanaan pembelajaran yaitu masih ada guru yang belum mahir untuk menyusun RPP (b) penghambat pelaksanaan pembelajaran yaitu banyak siswa yang pasif dalam pelaksanaan pembelajaran walau sudah diberi stimulus oleh guru. (c) penghambat dalam evaluasi pembelajaran yaitu terlalu banyak persiapan yang dilakukan dalam penilaian ditambah jumlah siswa yang cukup banyak. (3) Solusi terhadap hambatan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAI Irtiqoiyah Sentong meliputi (a) Solusi penghambat perencanaan pembelajaran yaitu mengadakan pelatihan-pelatihan mengenai cara menyusun silabus dan RPP (b) Solusi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan pada aktifitas siswa (c) solusi penghambat dalam evaluasi pembelajaran dengan memvariasi tehnik penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Stratetgi Manajemen Pembelajaran, Mutu Lulusan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 22 Aug 2020 05:34
Last Modified: 22 Aug 2020 05:34
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item