IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI MTs. SALAFIYAH SYAFI'IYAH TEBUIRENG JOMBANG

Qoriatul, Fahmi (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI MTs. SALAFIYAH SYAFI'IYAH TEBUIRENG JOMBANG. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB V)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI QORI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren merupakan hal yang dianggap penting pada saat ini, hal ini dikarenakan maraknya kasus-kasus tentang turunnya moral peserta didik. Pondok pesantren juga dinilai sebegai tempat yang paling efektif untuk mengajarkan pendidikan karakter. Pondok pesantren merupakan lembaga yang erat dengan pendidikan nilai dan budi pekerti. Implementasi Pendidikan karakter berbasis pesantren juga diterapkan di MTs. Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang.
Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren, maka terdapat beberapa rumusan masalah yaitu: bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren, apa saja nilai karakter yang dikembangkan pada pendidikan karakter berbasis pesantren, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis pesantren.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data dengan reduksi, penyajian dan analisis data.
Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren terbadi menjadi 3 tahapan yaitu: perencanaan (pengidentifikasian nilai karakter dan peyusunan modul ajar), pelaksanaan (kegiatan pembelajaran pendidikan karakter) dan evaluasi (penilaian karakter peserta didik). 2) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan ada 5 yakni jujur, disiplin, tanggungjawab, kerjakeras, toleransi 3) Terdapat 3 faktor pendukung pendidikan karakter berbasis pesantren yakni, guru yang senantiasa memberikan arahan tentang pentingnya pendidikan karakter, tradisi yang ada dipesantren dan kegiatan penunjang, serta terdapat 2 faktor penghambat yakni, beberapa guru yang belum menilai karakter peserta didik secara menyeluruh dan perbedaan budaya dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Berbasis Pesantren
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 27 Jul 2024 06:25
Last Modified: 27 Jul 2024 06:25
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item