Efektivitas Ujian Berbasis Komputer Dan Ujian Berbasis Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs. Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto

Nurul, Fikriyah (2020) Efektivitas Ujian Berbasis Komputer Dan Ujian Berbasis Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs. Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto. Masters thesis, Institut KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.docx.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Full thesis)
Full Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ujian adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dari sekolah. Ujian berbasis komputer merupakan alternatif yang dilakukan untuk menanggulangi kelemahan dari ujian berbasis kertas, dalam pelaksanaannya ujian berbasis komputer menggunakan bantuan fungsi komputer. Ujian berbasis kertas merupakan kebijakan yang diterapkan pemerintah sebelum kebijakan ujian berbasis komputer muncul. Ujian berbasis kertas ini dalam pelaksanaannya membutuhkan kertas dan pensil serta melakukan penilaian secara manual yang biasanya dilakukan oleh guru.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui keefektifan ujian berbasis komputer dan ujian berbasis kertas pada mata pelajaran fikih (2) Mengukur komparasi antara hasil ujian berbasis komputer dengan ujian berbasis kertas pada mata pelajaran fikih.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di sekolah dan menggunakan metode kuantitatif yang datanya dikumpulkan dan diukur berupa angka. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian 1) Efektivitas ujian berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih diperoleh t hitung sebesar 5,44 maka -1,986 < 5,44 > 1,986 Ha diterima, sehingga Ha: b1 ≠ 0, terdapat efektivitas signifikan antara ujian berbasis komputer (X1) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih (Y). Sedangkan ujian berbasis kertas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih diperoleh t hitung sebesar 3,33 maka -1,986 <3,33> 1,986 Ha diterima, sehingga Ha: b2 ≠ 0, terdapat efektivitas signifikan antara ujian berbasis kertas (X2) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih (Y). 2) Hasil komparasi ujian berbasis komputer dan ujian berbasis kertas Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung pada hasil ujian berbasis komputer lebih besar dari pada ujian berbasis kertas, maka ujian berbasis komputer lebih efektif dibanding ujian berbasis kertas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ujian Berbasis Komputer, Ujian Berbasis Kertas, Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Aug 2020 05:16
Last Modified: 22 Aug 2020 05:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item