Ashlah, uddin (2021) Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multipel Intelligence. Diploma thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (496kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (804kB) |
|
Text
BAB Terakhir, Kesimpulan.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (517kB) |
|
Text (Skripsi full text)
skripsi Ashlahuddin_2.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki peran dalam membentuk atau menghasilkan manusia yang paripurna. Dalam mewujudkan potensi-potensi yang dimiliki manusia secara utuh dan optimal tentunya dibutuhkan pengembangan dalam pemberian pengalaman belajar yang menyeluruh. Potensi-potensi beragam yang dimiliki setiap manusia tentunya membutuhkan pesantren yang dapat menerapkan kurikulum terpadu berbasis multiple intellegences. Penerapan kurikulum terpadu berbasis multiple intelligence, agar dapat tersampaikan secara menyeluruh maka dibutuhkan ilmu manajemen yang meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).
Kita ketahui dalam menumbuhkan dan mengembangkan multiple intellegences tersebut diperlukan lembaga pendidikan yang tidak melakukan dikotonimi ilmu pengetahuan. Lembaga pendidikan yang menyadari akan manusia ciptaan Tuhan yang memiliki keistimewaannya masing-masing. Maka dari itu dalam penelitian ini mencoba mengetuhi tahapan dalam mengelola pesantren yang melakukan perkembangan mulai perencaan kurikulum terpadu berbasis multiple intellegences, pelaksanaan berbasis multiple intellegences, hingga pengawasan berbasis multiple intellegences yang ada di pondok pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto. Sedangkan sebagai informan untuk mengetahui apa yang diteliti oleh peneliti yaitu kordinator manajemen, kordinator santri dan para pengajar. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara secara mendalam, observasi atau pengamatan terhadap kegiatan pendidikan, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data yaitu meliputi teknik triangulasi sumber dan triangulalsi data.
Dalam penelitian ini menemukan beberapa temuan, yaitu : sejarah mengenai pondok pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto, sinkronisasi atau keterpaduan antara kependidikan umum dan kependidikan pesantren untuk saling menunjang, mulai dari perencaan kurikulum terpadu yang meliputi perencanaan program unggulan pendidikan dan saran prasaran dalam pelaksanaan praktik yang mendalam. Pelaksana kurikulum terpadu dalam melaksanakan setiap program atau menyiapkan SDA. Dan pengawasan kurikulum terpadu yang dilakukan untuk menjadi tolak ukur dalam pencapain santri yang beragam atau memiliki multiple intellegences, dan kemudian dapat membuat kebijakan pengembangan dalam perencanaan kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : manajemen, kurikulum terpadu pesantren, multiple intellegences. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:34 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:34 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2930 |
Actions (login required)
View Item |