Moh. Ilham, Mokoginta (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTARA SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTAMOBAGU. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (383kB) |
|
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (298kB) |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
5. TESIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Strategi merupakan usaha guru dalam melaksanakan rencana pembelajaran, menggunakan berbagai macam komponen pembelajaran agar dapat mempengaruhi peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan. SMA Negeri 1 Kotamobagu merupakan salah satu sekolah unggulan. Dalam rangka mewujudkan SMA Negeri 1 Kotamobagu sebagai lembaga pendidikan yang bermutu, maka aktivitas sehari-hari gerak langkah komponen-komponen pendukung SMA Negeri 1 Kotamobagu dibingkai dalam sebuah tata kerja yang harmonis mulai dari pimpinan sekolah, dewan sekolah, guru-karyawan hingga siswa dengan struktur organisasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk memahami strategi guru PAI dalam merencanakan penanaman nilai-nilai toleransi. Kedua, memahami strategi guru PAI dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai toleransi. Ketiga, memahami evaluasi guru PAI dalam penanaman nilai-nilai toleransi dan dampaknya terhadap peserta didik, yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kotamobagu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam perencanaan penanaman toleransi guru PAI merencanakan strategi pembelajaran termasuk pendekatan, metode dan teknik yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, sumber belajar dan merencanakan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami pembelajaran yang kemudian dirancang dalam bentuk RPP. Kedua, dalam pelaksanaan penanaman nilai toleransi, guru PAI menggunakan pendekatan kooperatif learning, metode problem solving dan teknik pemberian tugas, rool play, diskusi, tanya jawab dan ceramah. Disamping itu guru PAI juga menggunakan sarana-prasarana, seperti LCD dan lain-lain. Ketiga, evaluasi yang dilakukan guru PAI dalam penanaman nilai toleransi sudah mencakup seluruh aspek penilaian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan dampak dari pengembangan nilai toleransi terhadap peserta didik secara keseluruhan dapat dilihat adanya kerukunan dan sikap kekeluargaan yang ditunjukan oleh setiap peserta didik yang ada, tanpa pilih kasih dengan tetap menghargai perbedaan yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Zakariyah, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai Toleransi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Aug 2020 05:08 |
Last Modified: | 22 Aug 2020 05:08 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/290 |
Actions (login required)
View Item |