Widayanti, Widayanti (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) ASPEK RELIGIUSITAS DI SDN KAPEDI II KECAMATAN BLUTO SUMENEP. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS WIDAYANTI REP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan, tantangan penerapan dan keberhasilan kurikulum merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) aspek religiusitas di SDN Kapedi II Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Penggerak SDN Kapedi II Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Agama dan perwakilan siswa. Teknik analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian Implementasi Kurikulum Merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Aspek Religiusitas di SDN Kapedi II Kecamatan Bluto Sumenep Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Aspek Religiusitas di SDN Kapedi II telah dilakukan dengan baik. Guru-guru secara aktif mengintegrasikan nilai-nilai religiusitas dalam pembelajaran dan kegiatan di sekolah. Siswa juga terlibat dalam berbagai kegiatan religius, seperti pembacaan doa, pengajian, dan kegiatan amal. Tantangan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Aspek Religiusitas di SDN Kapedi II adalah terbatasnya sumber daya manusia dan dukungan dari pihak terkait. Meskipun ada kesadaran akan pentingnya nilai-nilai religiusitas dalam pendidikan, terkadang sumber daya manusia yang terlibat belum sepenuhnya siap dalam melaksanakan program tersebut. Implementasi Kurikulum Merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Aspek Religiusitas di SDN Kapedi II disebut berhasil dilihat dari perubahan perilaku dan sikap positif siswa. Dengan adanya penerapan nilai-nilai religiusitas dalam pembelajaran, siswa menunjukkan peningkatan dalam menghargai dan mengamalkan ajaran agama serta berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impementasi Kurikulum merdeka, Aspek Religiusitas |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:52 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |