استراتيجية تعليم اللغة العربية للطلاب المستوى الأول بقسم تعليم الأطفال(للمدارس الإسلامية) من جامعة كياهي الحاج عبد الحليم باجت ماجاكرتا

MUHAMMAD REZA, FAHLEFI (2023) استراتيجية تعليم اللغة العربية للطلاب المستوى الأول بقسم تعليم الأطفال(للمدارس الإسلامية) من جامعة كياهي الحاج عبد الحليم باجت ماجاكرتا. Diploma thesis, INSTITUT KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi. reza fiks_115728.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Reza, Fahlefi. 2023. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Semester Satu PIAUD Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto. Skripsi program studi pendidikan bahasa arab, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Pembimbing: ustadzah Nahdiyatul Ummah, M.Pd, I.

Kata kunci: strategi, pembelajaran, dan bahasa arab
Penelitian ini di latar belakangi oleh strategi pembelajaran bahasa arab yang digunakan oleh dosen dalam kegiatan perkuliahan Intensif Bahasa Arab pada mahasiswa semester satu PIAUD IKHAC, karena apa yang telah dilakukan oleh dosen tersebut sangatlah strategis untuk pembelajaran tingkat perguruan tinggi, sehingga tujuan perkuliahan dapat tercapai. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa arab yang digunakan oleh dosen pada mahasiswa semester satu PIAUD IKHAC, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dengan menggunakan strategi pembelajaran bahasa arab tersebut, dan untuk mengetahui hasil dari penerapan strategi pembelajaran bahasa arab tersebut.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitiannya adalah studi reserch. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentaasi.
Hasil dari penelitian ini disampaikan bahwa: pertama, proses pembelajaran bahasa arab pada mahasiswa semester satu PIAUD IKHAC ini menggunakan strategi pembelajaran bahasa arab berdasarkan keterampilan kalam dan qiroah dan beberapa metode pembelajaran bahasa arab yang digunakan yaitu metode sam`iyah wasyafahiyah dan metode mubasyaroh. Kedua, faktor pendukung pembelajaran bahasa arab tersebut ialah tersedianya bahan ajar yaitu buku Al~Arabiyah Li an-Najah jilid satu sebagai bantuan bagi dosen untuk memilih tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Mahasiswa yang merupakan
د‌
alumni pesantren yang dimana pembelajaran bahasa arab mahasiswa sebelumnya lebih intens sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Tersedianya sarana prasarana pembelajaran dikelas. Dan faktor penghambatnya adalah Mahasiswa tidak membawa kamus bahasa arab, Mahasiswa masih canggung untuk bertanya dan berbicara menggunakan bahasa arab didalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nahdiyatul Ummah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: الكلمات المفتاحية: الإستراتيجية ، التعليم ، واللغة العربية
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:46
Last Modified: 07 Jun 2024 07:46
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item