STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGOPTIMALKAN KEWIRAUSAHAAN DI MTs HASANATUL HUDA

Endang Jenal, Mustopa (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGOPTIMALKAN KEWIRAUSAHAAN DI MTs HASANATUL HUDA. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Full Tesis Endang JM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyak madrasah swasta mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan pendidikan. Salah satu penyebabnya ialah minimnya sumber pembiayaan yang dimiliki sedangkan kebutuhan yang harus dipenuhi madrasah sangat banyak. Untuk itu dibutuhkan inovasi kreatif oleh kepala madrasah untuk dapat keluar dari permasalahan pembiayaan pendidikan dimadrasah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan menjalankan wirausaha madrasah sebagai sumber pembiayaan pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Hasanatul Huda. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1. Wawancara, 2. Observasi, dan 3. dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interactif (Reduksi data, Penyajian data, Melakukan verifikasi dan Penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan data di dasarkan pada Kredibilitas yang meliputi perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi data (triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu).
Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) MTs Hasanatul Huda melakukan strategi yang meliputi: a) Proses perencanaan, meliputi: menentukan kriteria usaha, menentukan pihak yang terlibat (pengurus yayasan, kepala, bendahara dan komite), mengevaluasi dan menganalisis RENSTRA, menetapkan target pencapaian usaha, merumuskan program sekolah. b) Proses penerapan, meliputi: pelaksanaan program sesuai dengan perencanaan, kepala sekolah sebagai penanggung jawab, kepala sekolah menjalankan fungsi manajer dan memperhatikan etika sekolah, melaksanakan strategi usaha (strategi harga, strategi promosi, persainga sehat, strategi produk, pelayanan yang berkualitas, strategi upah karyawan, strategi lokasi). c) Proses evaluasi, dalam proses ini dilakukan melalui program Laporan pertanggung jawaban (LPJ) yang diselenggarakan setahun sekali pada setiap akhir tahun ajaran secara terbuka. (2) Dampak Penerapan Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Kewirausahaan di Madrasah meliputi: a) meningkatnya mutu sekolah, prestasi siswa, dan bertambahnya siswa. b) masyarakat sekitar berkesempatan menyekolahkan anak tanpa terbebani biaya pendidikan dan membuka akses lapangan pekerjaan. c) siswa dapat menikmati fasilitas penunjang proses belajar mengajar yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi kepala madrasah, Kewirausahaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 18 May 2024 11:35
Last Modified: 18 May 2024 11:35
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item