PENGARUH BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI TERHADAP KREATIVITAS SISWA TEMA II SUBTEMA II DI KELAS IV MI NURUL HIKMAH DLANGGU

AHMAD, FAJAR AGUNG UTOMO (2021) PENGARUH BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI TERHADAP KREATIVITAS SISWA TEMA II SUBTEMA II DI KELAS IV MI NURUL HIKMAH DLANGGU. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Melalui observasi peneliti kelas IV MI Nurul Hikmah Dlanggu dan wawancara dengan kepala sekolah dan kepala sekolah, peneliti melihat siswa masih kurang kreatif. Kurangnya kreativitas siswa diwujudkan dalam beberapa aspek, yaitu siswa cenderung pasif (jarang bertanya dan mengemukakan pendapat), siswa hanya mendapatkan informasi dari apa yang diajarkan guru, siswa kurang berani mengembangkan potensinya, dan siswa sering diminta untuk menemukan masalah Kesulitan ketika menggunakan solusi alternatif.
Belajar Dari Rumah (BDR) adalah salah satu pembelajaran yang digunakan oleh guru di masa pandemi. Dengan melakukan pembelajaran melalui BDR ini, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran secara online (daring). Pembelajaran ini diharapkan bisa efisien dari yang lain dalam melihat hasil kreativitas siswa pada masa pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi tehadap kreativitas siswa tema II sub tema II dikelas IV MI Nurul Hikmah Dlanggu. Design penelirtian yang digunakan adalah One Group Postes. Populasi penelitian ini tediri dari 55 siswa kelas I, II, III, IV dan 10 siswa kelas IV sebagai sampel.
Hasil analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test sebesar 0,000398, yang berarti 0,000398 lebih kecil dari 0,05 yang artinya ada pengaruh belajar dari rumah terhadap kreaviatas siswa kelas IV MI Nurul Hikmah Dlanggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 06 May 2024 11:57
Last Modified: 06 May 2024 11:57
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item