Musrifah, Musrifah (2020) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTS NURUL HIDAYAH TEGALSIWALAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Upload.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V Upload.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Upload.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Print PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTs.NH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan kualitas Pendidikan di MTs Nurul Hidayah Tegalsiwalan Probolinggo. Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan khususnya madrasah masih mengalami kendala dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai aspek mulai dari tujuan kurikulum, tenaga pendidikan, metodologi pembelajaran, sarana prasarana, dan evaluasi, secara keseluruhan masih mengandung permasalahan yang hingga kini belum dapat dipecahkan secara tuntas. Untuk itu dalam meningkatkan kualiatas pendidikan di madrasah diperlukan leadership yang kuat dari kepala madrasah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: 1) peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Nurul Hidayah, 2) usaha-usaha yang akan dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Nurul Hidayah, 3) faktor-faktor yang menunjang dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Nurul Hidayah Tegalsiwalan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan menggunakan tiga instrumen penelitian, yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) MTs Nurul Hidayah Tegalsiwalan Probolinggo sudah mengalami peningkatan mutu yang baik. dengan menjadikan dirinya sebagai seorang kepala madrasah yang dapat memposisikan diri sebagai seorang edukator, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, innovator dan motivator 2) Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, yaitu: a) meningkatkan profesionalisme guru dengan menciptakan aturan bagi guru, menempatkan guru sesuai kemampuannya, memberi kepercayaan dan motivasi, melakukan pembinaan. b) Menanamkan kepada setiap guru untuk memiliki sikap yang ramah, sopan, dan berkompeten didalam segala hal, c) meningkatkan mutu sarana prasarana melalui pembenahan sarana prasarana, melakukan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dalam pengadaan sarana prasarana. 3). Faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu: Faktor pendukung seperti: a) Sifat kepemimpinan kepala madrasah yang berwibawa dan kharismatik; b) Kemampuan managerial dan Keterampilan lain yang dimiliki oleh seorang kepala madrasah; c) Kemampuannya dalam berkomunikasi, dan d) Sikapnya yang flexsibilitas dan tidak otoriter dalam. Faktor penghambat seperti: a) Sarana prasarana lainnya minim dan terbatas; b) Dukungan lembaga terkait lainnya yang masih minim; c) Kurangnya pelatihan pola menegerial atau pola kepemimpinan yang diselenggarakan oleh pihak yang terkait untuk para calon kepala madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Madrasah, Meningkatkan kualitas Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Aug 2020 04:38 |
Last Modified: | 22 Aug 2020 04:38 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |