ANALISIS KUALITAS LAYANAN DALAM PESPEKTIF ISLAM TERHADAP KEPUASAAN JAMAAH DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS LRB MUBINATOUR BANGSAL-MOJOKERTO)

ROHMATUL, HABIBATIN MAGHFIROH (2020) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DALAM PESPEKTIF ISLAM TERHADAP KEPUASAAN JAMAAH DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS LRB MUBINATOUR BANGSAL-MOJOKERTO). Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kualitas pelayanan atau pelayanan jasa pada dasarnya sama saja. Kualitas pelayanan dalam suatu perusahaan menentukan baik buruknya suatu perusahaan tersebut, jika kualitas itu baik maka kepuasan yang akan tercipta, akan tetapi sebaliknya apabila kualitas pelayanan itu buruk kekecewaan pula yang diterima. Dalam perspektif Islam saat memberikan layanan dari usaha yang dijalankan baik itu berupa barang atau jasa jangan memberikan yang buruk atau tidak berkualitas, melainkan yang berkualitas kepada orang lain.
Di era pandemi covid-19 ini LRB Mubinatour tidak memberangkatkan jamaah haji maupun umroh terhitung sejak adanya covid-19 di Indonesia di tahun 2020 pada bulan Januari hingga saat ini. Pelaksanaan ibadah umroh saat ini tidak ada akan tetapi yang ada yaitu pelaksanaan ibadah haji seluruh dunia. Untuk keberangkatan haji tahun ini haya dibatasi 10 ribu jamaah. Yang terdiri dari 1/3 warga Arab, 2/3 adalah espatariat maksudnya mereka yang tertunda keberangkatannya di tahun 2019 itupun dominan oleh penduduk Jazirah Arab yang dinyatakan steril dari covid-19.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan secara syariah yang diterapkan di lembaga travel haji dan umroh LRB Mubinatour di saat pandemi covid-19. 2) Untuk mengetahui kepuasan jamaah di lembaga travel haji dan umroh LRB Mubinatour di saat pandemi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapat yaitu sumber data primer misal observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan sumber data sekunder menggunakan informasi seperti buku, jurnal, KEMENAG, dan BPS. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Adapun tempat penelitian ini berada di LRB Mubinatour Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto.
Berdasarkan hasil penelitian yang berhasil peneliti temukan di lapangan yakni 1. Kualitas pelayanan di LRB Mubinatour menggunakan pelayanan dari hati ke hati yang menggunakan sistem syariah dalam pelayanannya akan tetapi gagal memberangkatkan umroh akibat pandemi covid-19. 2. Kepusaan jamaah di era pandemi jamaah merasa kecewa karena tidak bisa berangkat sesuai dengan jadwal yang sudah ada sehingga jamaah harus menunggu regulasi dari pemerintah Arab Saudi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Jamaah, Pandemi Covid-19, Lrb Mubinatour
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:32
Last Modified: 29 Apr 2024 08:32
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item