KONTRIBUSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK TERHADAP KARAKTER SANTRI AL HAMIDIYAH KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO

Rohani, Rohani (2020) KONTRIBUSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK TERHADAP KARAKTER SANTRI AL HAMIDIYAH KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
KONTRIBUSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis full OKE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

Ditengah-tengah Sistem Pendidikan Nasional yang selalu ada masalah terutama menciptakan manusia yang utuh ( Beriman dan bertaqwa serta berilmu pengetahuan dan teknologi) masih terjadi kepincangan terutama dalam pembentukan karakter, maka sistem Pendidikan Pondok Pesantren tetap punya daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang berpikir alternatif perihal dunia pendidikan. Karenanya tidak sedikit orang yang membicarakan serta memperhatikan dunia pesantren, mungkin bila dibandingkan dengan sistem pendidikan yang satu dengan perguruan yang lain. Sistem pendidikan pesantren memiliki daya tarik, kelebihan serta ciri-ciri tersendiri.
Sebagai Lembaga Pendidikan Islam, pondok pesantren bertujuan untuk mengarahkan dan membina manusia berkarakter muslim yang berbudi pekerti luhur, berpengetahuan luas, berpikir bebas dan berjiwa ikhlas. Dengan demikian Sistem Pendidikan Pondok Pesantren berperan dalam mencetak kader muslim yang tafaqquh fiddin serta membentuk karakter santri yang berjiwa muslim.
Berhubungan dengan hal tersebut diatas, tesis ini berusaha mengkaji tentang Konstribusi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Kecamatan Maron Kabupaten Probolingo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan tesis ini adalah :
1. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Sistem Pendidikan Pondok Pesantren AlHamidiyah.
2. Untuk mengetahui karakter santri yang relevan dengan karakter muslim di Pondok Pesantren AlHamidiyah .
Dari hasil penelitian diketahui bahwa prioritas sampel dari santri Pondok Pesantren AlHamidiyah adalah berkarakter tinggi, berikutnya berkarakter cukup berkarakter rendah.
Selanjutnya berdasarkan data yang terkumpul itu dapat disimpulkan bahwa sistem pendidikan pondok pesantren AlHamidiyah berpengaruh cukup besar terhadap karakter santri. Hal ini terbukti dari hasil uji coba terhadap lima hipotesa yang diajukan, bahwa ternyata semua signifikan dan mempengaruhi karakter santri.
Sebagai upaya peningkatan kualitas karakter muslim santri di pondok pesantren AlHamidiyah diajukan saran-saran dari tiga pihak, yaitu : santri, pengasuh pondok serta dewan guru. Kepada santri diharapkan agar senantiasa taat terhadap semua peraturan serta pengamalan ilmu yang diterimanya. Kepada pengasuh diharapkan agar tetap berusaha menyiapkan kader-kader manusia yang berbudi luhur. Kepada dewan guru diharapkan agar senantiasa membimbing serta mengarahkan santri secara berkelanjutan dan intensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sistem pendidikan, krakter santri
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 21 Aug 2020 07:51
Last Modified: 21 Aug 2020 07:51
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item