MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 PASEKAN

Dewi, Rokani (2023) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 PASEKAN. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa profil pelajar pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Dilihat dari perkembangan pendidikan di kabupaten Indramayu sudah menerapkan projek penguatan profil pelajar pancasila di beberapa satuan pendidikan pada tahun ajaran 2022-2023 sebanyak 67 di tingkat SMP negeri maupun swasta, dibagi menjadi dua kategori yakni 33 SMP tercatat masuk kategori mandiri belajar dan 34 SMP masuk kategori mandiri perubahan. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk ingin mengetahui manajemen strategi kepala sekolah dalam pembinaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik di SMPN 1 Pasekan; dan (2) ingin mengetahui implikasi kepala sekolah dalam pembinaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik di SMPN 1 Pasekan.
Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan ada dua yakni data primer dan data sekunder. Teknik analisis data penelitian ini yaitu teknik obsevasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi kepala sekolah dalam pembinaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik di SMPN 1 Pasekan mencakup a) Formulasi Strategi, pengembangan visi misi sekolah, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan alternatif strategi, dan memilih strategi tertentu yang akan dilaksanakan. b) Implementasi manajemen strategi dapat mencakup kepala sekolah menyiapkan projek di kurikulum merdeka adalah membentuk tim projek dan turut merencanakan projek, mengawasi jalannya projek dan melakukan pengelolaan sumber daya sekolah secara transparan dan akuntabel, serta membangun komunikasi (kolaborasi antara orang tua peserta didik, peserta didik, dan informan projek), mengembangkan komunitas praktisi di satuan pendidikan untuk peningkatan kompetensi pendidik yang berkelanjutan, melakukan coaching secara berkala bagi pendidik, merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, dan mengevaluasi pengembangan projek dan asesmen yang berpusat pada peserta didik. c) Evaluasi Strategi, melakukan evaluasi manajemen strategi kepala sekolah dalam pembinaan P5 di SMPN 1 Pasekan. Implikasi kepala sekolah dalam pembinaan ini yaitu kepemimpinan dan pengarahan, pengembangan kurikulum, pembinaan guru, monitoring dan evaluasi, kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat, pengadaan sumber daya, promosi dan kesadaran, pengembangan materi pembelajaran, membangun lingkungan inklusif, mengukur dampak, menghadapi tantangan; dan mendukung inovasi dan kreativitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Kepala Sekolah, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:07
Last Modified: 02 Apr 2024 07:07
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item